nhk

YCR Boyolali 2020: Busi Brisk Juara MP3 (Novice) dan Ke-3 MP1 (Expert)

Maniakmotor – Itulah gunanya riset. Pasukan Yamaha Oryza Strokes 55 pimpinan Bima Aditya terus mengembangkan mesin MX-King untuk kejurnas tahun ini. Ruang pembakaran MX-King milik tim ini dapat sentuhan sikit dengan masuknya sponsor busi Brisk. Di spesifikasi MP3 dan MP1 atau Novice dan Expert kudu pakai busi GS khusus untuk piston dome tinggi.

Ternyata semua motor Oryza podium dan semuanya pakai busi Brisk

Langsung dibuktikan pada event Yamaha Cup Race di sirkuit Gokart Boyolali, Jateng pada 29 Februari – 1 Maret 2020. Untuk MP3 atau Bebek 150 cc 4T Novice juara dengan busi tersebut. Sedang Expert QTT ke-3 dan lomba dibatalkan karena hujan deras, “Busi Brisk model GS dari data sangat tepat pembakarannya. Saya menggunakan piston lebih tinggi dome-nya dibanding sebelumnya dengan busi ini. Dan memang Brisk GS untuk spesifikasi seperti itu,” kata Bima Aditya, pemilik tim sekaligus mekaniknya.

Hasilnya saat race kelas di YCR disebut YCR2 atau Moped 4tak 150cc Novice itu, mesin selalu ada isinya. Mesinnya boleh bertempur ‘tenang’. “Tekanan sangat luar biasa dari kawan dan lawan. Tapi motor mendukung. Saya mainkan ritme dan ubah sikit racing line, lantaran persis di belakang ada musuh,” papar Ricky Ibrahim, pembalap Yamaha Oryza yang tampil gemilang dalam 18 lap lomba di sikuit sepanjang 1.2 km tersebut.

Bima dan busi Brisk

Ricky tetap tenang wae, walau di ujung balapan diserang Aldiaz Aqsal (Yamaha Semoga Abadi Babarafi). Sesekali diambil Aldiaz pun Ricky tetap rileks. Karena mesin MX-King menggunakan Brisk GS tenang dan konstan. “Pakai busi Brisk mesin bisa lebih kering dengan AFR 12.0.  Kompresi 13,8:1,” tambah Bima yang memang telah banyak meriset busi Brisk di sirkuit Boyolali, karena dekat markasnya.

Brisk GS ini memang racing benaran memiliki ground electrode angsung pada diameter dalam pada ulir bodi busi. Apinya menyebar mendatar. “Apinya bukan memantul pada gap, tapi ke pinggir sesuai putaran mesin. Dengan busi ini kreasi kompresi bisa lebih tinggi,” papar Mas Giman dari GM Product Series yang jadi distributor Busi Brisk di Indonesia dan juga rantai Regina.

Busi Brisk Racing

Dengan sifat api yang menyebar, pembakaran pada chombution chamber atau ruang bakar lebih cepat. Api busi selalu tepat waktu akan menyambar bahan bakar yang paling homogen di sudut mana pun, uap yang duluan masuk ke ruang bakar itulah yang kena samber. Material Brisk GS ini lebih hebat dari iridium. Menggunakan perak atau silver. Sangat reaktif dan utuh menyalurkan arusnya. Mau lihat busi Brisk ada di IG @briskmotorindonesia. Atau IG @reginachainindonesia. Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353