nhk

YCR Pangkep 2019: Underbone 150 cc 4T Rookie, Anak Sulawesi Semuanya Berbakat

Maniakmotor – Kalau sebut rookie, itu pemula awal. Dasar sekali. Tapi dasar untuk profesional di balap motor. Istilahnya kelas pembibitan. Seperti Kelas Underbone 150 cc 4T Rookie di  Yamaha Cup Race (YCR). Kelas ini juga diikuti pra bibit unggul Sulawesi yang menggeber Yamaha MX-King di Sirkuit Karaeng Malombassang, Pangkep, Sulawesi Selatan pada 27 – 28 September 2019.

Seperti bibit-bibit dari Sulawesi yang sekarang sudah jadi di tingkat nasional dan internasional, kelas Rookie ini juga diikuti mereka yang maksimum 16 tahun. Terdapat 14 pembalap pemula yang dari basis mereka sangat terdidik. Maksudnya, punya dasar membalap yang tertata apik.

“Cara-cara memperlakukan racing line sampai mesin motor, mereka terbiasa latihan rutin.  Fisik mereka juga tak kendur dari 15 lap. Ini jumlah lap sama dengan Expert. Tanda mereka juga rajin olah fisik. Dan memang tujuan YCR ini, salah satunya untuk mencari bibit dari kelas Rookie,” analis Kadek Suma, manajer MotorSport Yamaha Indonesia dari pinggir sirkuit.

Dari 14 peserta yang start, Fahmi Basam dari Yamaha PRS Racing Team asal Barru, Sulsel yang dominan. Maklum, Fahmi ini sesekali juga ikut Novice (MP3) atau kelas di atas Rookie. Dari awal lap sampai terakhir dia yang memimpin. “Langsung push. Karena, balapan malam saya semangat, banyak penonton. Saya juga nggak mudah capek, karena embusan angin dingin,” papar Fahmi yang memakai Helm NHK dengan kaca bening tersebut.

Di posisi ketiga ada Laode dari tim Ringa John Racing Team. Ia sendiri adalah anak dari owner tim tersebut, “Saya tidak terlalu memaksakan motor di awal lap. Eh malah ketinggalan. Tadinya mau ngejar di akhir-akhir lap. Tapi lawan keburu jauh,” kata Laode yang senang dengan adanya YCR di Pangkep ini dan bisa lopos ke Final YCR Tasikmalaaya bulan depan.

Mantap kalau begitu. Terus berjuang, Dek. Raider

BACA JUGA

Hasil Lengkap Yamaha Cup Race (YCR) Pangkep, Sulsel 27 – 28 September 2018

.

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353