nhk

YCR Pangkep Sulsel 2018: Ada 205 Starter, 51 Peserta Bebek 110 2T, Ruarr Biasa!

ManiakMotor –  Starter sampai 205 di event OMR (One Make Race) sudah sangat luar biasa. Bisa saja angka ini terbesar untuk OMR di Indonesia di luar grand final. Mereka menyebar di kelas wajib dan kelas tambahan sesuai kebutuhan lokalan.

Tuh lihat saja jumlah peserta

Itu ada di Yamaha Cup Race (YCR) Pangkep, Sulsel yang berlangsung di sirkuit permanen   Sobat Pancasila Karaeng Mallombassang. Demikian laporan langsung dari lokasi pada Sabtu 18 Agustus 2018, “Kecuali YCR1 yang pesertanya 9 pembalap. Selebih diikuti di atas 10 pembalap,” papar Kadek Suma yang senyum terus lantaran garapannya ‘laku’ di Pangkep.

Rey Ratukore memberikan coaching clinic pada pagi 18 Agustus di Pangkep

Kelas yang paling banyak adalah YCR8 atau Bebek 110 2T yang mencapai 51 peserta. Status kelasnya kategorinya Open. Maksudnya bebas dari tingkatan pembalap. Sedang aturan mesinnya STD atau yang sempat terkenal dengan standar koreknya.

Rata-rata motor yang mendaftar di kelas tersebut adalah Yamaha F1ZR atau ngetop di eranya disebut Fizer. Populasi motor ini di Sulawesi masih sangat tinggi dan terawat, “Malah saat ini untuk penghematan karir pembalap pemula memulai dari sini. Toh basisnya masih bebek juga,” kata Ir Multazam sebagai pimpinan lomba di YCR ronde 5 untuk nasionalnya ini.

Aerox 155 Community sudah melakukan latihan

Sulawesi juga belum bisa ditinggalkan dari bebek yang memang bebek yang tulangnya asli underbone. Coba perhatikan jumlah peserta YCR3 atau MP3 (Bebek 125 4T Pemula A) mencapai 32 peserta, terbanyak setelah YCR8. “Karena masih bebek yang mesin tidur juga. Sama dengan YCR6 (MP6) atau Pemula B yang pesertanya terbanyak ketiga dengan 23 peserta,” tambah Multazam.

Jangan lupa, YCR di Pangkep ini dilaksanakan seharian 18 Agustus 2018 sampai malam. Tuh lampu-lampunya sudah dipasang. Babak latihan dan kualifikasi diadaka siang sampai sore dan malamnya final semua. Khusus untuk Aerox 155 Community sudah dimulai dengan coaching clinic dipandu Rey Ratukore, pembalap internasional dari Yamaha Racing Indonesia, nih videonyaRaider

BAGIKAN