nhk

YCR Pontianak 2018: Dapat Ilmu Coaching Clinic, Aerox 155 Langsung Enak

Maniakmotor – Pengereman depan lebih banyak forsinya 80 persen dan belakang 20 persen. Direm bersamaan saat motor masih tegak, eh motor langsung masuk tikungan seperti dituntun. Nurut sesuai feeling. Motor nggak ngelawan dan malah mengikuti posisi badan yang sudah diajarkan guru balap.

Rey Ratukore. Instruktur Yamaha Aerox 155 Comm

Itu disuarakan Safari Putra yang ikut Yamaha Aerox 155 Community di sirkuit Stadion Sultan Syarif Abdurahman, Pontianak, Kalbar. Tentu saja diceritakan ketika sudah dapat ilmu dari Rey Ratukore sebagai instruktur coaching clinic di seri 6 Yamaha Cup Race di sana“Benar-benar nyaman,” tambah Safari dari klub King Rattle Pontianak.

Safari salah satu peserta di antara 15 peserta kelas Yamaha Aerox 155 Community. Sebelum turun ke lapangan mereka memang diajari dulu oleh Rey yang pembalap senior Yamaha Indonesia itu. Salah satu materi pada chacing clinic tersebut melakukan pengereman pada titik yang tepat.

Rey juga mengoreksi beberapa pembalap pada riding style. Katanya menggunakan Aerox yang matic, tidak akan sama dengan gaya duduk di jok sport. Memang, “Peserta yang terpilih dari kommunitas Kalimantan Barat ini, dari komunitas sport seperti R25, R15 dan RX King,” sebut Rey.

Safari Putra

Lanjut Rey, usahakan badan lebih miring dari motor, agar kontrolnya pas dan selalu reaktif seseuai perubahan arah motor. Katanya sulit masuk tikungan, bila posisi badan ini diabaikan, “Apalagi ditambah dengan pengereman yang lebih besar forsi belakang,” tambah Rey yang seperti guru benaran mengajarkan pada muridnya.

Diwanti juga, pembalap tidak terlalu memaksakan keadaan. Tujuan utama dari kegiatan ini, kan untuk membuktikan bahwa Aerox juga bisa buat balapan. Lalu, mengarahkan para pembalap untuk balapan dengan benar.

“Tolong juga patuhi peraturan, jangan jadi pembalap yang cengeng. Kalau jatuh dan tidak merasakan sakit, langsung berdiri dan lanjutkan lombanya,” timpal Eddy Horizon selaku pimpinan lomba yang mendampingi Rey saat coaching clinic. Raider

BAGIKAN