nhk

YCR Sintang 2019: Sirkuit Lebar Mulus, 182 Starter, Penonton Sabtu Sudah Membludak

Jangan perhatikan pembalapnya, tapi penonon yang Sabtu sudah membludak

Maniakmotor – Aspal mulus, layout tikungan lebar-lebar dengan batas pengaman yang memadai. Belum lagi, sirkuit dikoreksi dan atas persetujuan pembalap dan Race Direction bertaraf internasional. Mantap ya.

M Faerozi dan Eddy Horison. Kelas internasional

Begitu gambaran Yamaha Cup Race (YCR) Sintang, Kalimantan Barat pada Sabtu 31 Agustus 2019.  Panjang sirkuit yang 1,135 meter dibagi 11 tikungan. “Aspalnya sangat bagus. Bandara ini juga luas dan memungkinkan membuat handicap yang aman dan berseni untuk balap pada tikungan-tikungannya. Selain untuk ketangkasan, unsur hiburannya dapat,” sebut Eddy Horison yang jadi Race Direction YCR Sintang. Padahal Ko Eddy ini tercatat punya jabatan yang sama di One Prix yang saat bersamaan berlangsung di Sentul Kecil.

Bagi Eddy kualitas aspal tidak kalah dengan sirkuit permanen. Karena lahan luas, unsur safety dan akomodir untuk semua kelas bisa diterapkan. Katanya, penetapan layout sirkuit sudah melewati beberapa kali tes ride. Itu juga atas kesepakatan bersama dengan M. Faerozi. Itu loh, pembalap Yamaha Racing Indonesia yang bermain di ARRC dan baru lalu ikut balap ketahanan dunia di Jepang.

Penataan sirkuit juga rapi

Menurut Faerozi yang bergelar Si Kuncir ini, layout sirkuit sangat lengkap untuk ukuran pasar senggol,  “Ada sektor yang teknikal dengan  hard breaking dan rolling speed. Dan semua itu memperhitungkan unsur safety,” kata Faerozi yang membantu mengarahkan layout sirkuit.

Layout sirkuit sendiri mengalami beberapa perubahan. Selain untuk keamanan, “Juga untuk pembibitan. Termasuk di dalamnya, peserta yang jarang balap, namun mendafatar di event ini,” sebut Wahyu Rusmayadi yang jadi manajer Yamaha Racing Team dan juga sibuk untuk urusan YCR.

Pada Sabtu jumlah starter mencapai 182, jumlah yang terbilang banyak untuk ukuran balap semerek. Yang heboh lagi, Sabtu 31 Agustus ini, penonton sudah membludak. Lihat saja tuh di foto, pagar pembatas sudah rapat oleh pasang mata. Hitung saja 1 meter diisi 10 penonton dikalikan panjang sirkuit. Raider