nhk

YCR Sintang (Kalbar) 2019: Underbone 125 cc TU Open Luar Biasa, Penonton Histeris

ManikaMotor – Kelas YCR9 sifatnya open alias terbuka. Kategori pembalapnya pasti ada dari seeded. Makanya kelas yang disebut Moped atau Underbone s/d 125 cc 2T ini berlangsung dengan sengit di Yamaha Cup Race Sintang, Kalbar pada Minggu 1 September 2019. Makanya sirkuit bekas Bandara Susilo Sintang jadi bergemuruh oleh knalpot dan serunya penonton pendukung yang membludak.

Nama-nama seeded Kalimantan yang tampil adalah  Alpian.R (Daniel Racing Team), Rio Dewara (Jova 70 Racing Team), Faruq Faisal (Dzaki Rizki Baracar RT) dan sebagainya. “Kelas 2T ini makin ramai, juga dipicu dari Sentul Kecil yang kami lihat pesertanya nggak kalah dengan kejurnas, kalau ada klub event,” kata Alpian.R yang merupakan pembalap kenamaan di Kalimantan.

Husen dan Faruq

Saat kelas ini distart si Alpian R yang barusan bicara langsung unjuk skill. Walau begitu, Alpian juga manusia. Dia melakukan beberapa kesalahan, sehingg diover-take oleh Faruq Faisal. Lalu diambil lagi oleh Alpian. Saling ambil ini membuat penonton dari pinggir lintasan makin histeris. Waw… mereka senang, bangat dan terhibur, sodara-sodara.

Pada akhirnya yang juara si Faruq Faisal yang asal Singkawang berumur 25 tahun itu. Dia telah bermain cantik, “Terima kasih pada Yamaha yang sudah bikin YCR di Sintang dan membuka kelas 2T. Di lomba ini saya telah melakukan start dengan baik. Saya tahu akan sulit melewti di sirkuit model begini,” papar Faruq yang sekali lagi memohon pada Yamaha Indonesia tetap ingat Kalimantan untuk bikin YCR lagi.

Menurut Faruq, motornya yang F1ZR itu sejak Jumat sudah disetel oleh mekaniknya bernama Husein. Katanya Husein, tipe settingannya makin panas makin enak, waw. “Motor ini pakai karburator Keihin PWK 28 Sudco. Main-jet 170 dan pilot-jet 58 setelah final diberi  12-44,” bangga Husein yang memang kelihatannya motor si Faruq sangar tarikannya.

Di Posisi ke dua ada Rio Dewara. Pemuda 23 tahun dari Pontianak ini, mengaku kurang siap saja, maka kalah dari Faruq. “Soalnya saya baru Sabtu beradaptasi, karena Jumat baru perjalanan dari Pontianak ke Sintang. Fisik saya juga kurang siap. Padahal membawa mesin 2T TU ini butuh fisik prima,” cocor Rio dengan senyum dan tetap mensyukuri posisi kedua sembari berpesan pada Yamaha Indonesia untuk kembali membuat YCR di Kalbar.

Mantap. Raider

BACA JUGA

Hasil YCR Sintang, Kalbar 31 Agustus – 1 September 2019

BAGIKAN