nhk

YSR 2019 Sentul: Seri 2 Jumlah Starter Naik, Komunitas Bahagia, Teknologi VVA Tantangan Prof

ManiakMotor – Dengan hanya mewadahi kelas khusus full frame atau motor sport, starter di atas 200,  itu sudah sangat ruarrr biasa. Apalagi balapannya semerek alias one make race (OMR) seperti Yamaha Sunday Race (YSR) hanya diputar di Sentul Internasional alias Sentul Besar.

Pasukan Aira Oryza paling siap dengan VVA

Macam seri 2 YSR 2019 pada 27 – 28 Juli 2019, pesertanya meningkat bro. Dari daftar yang dikeluarkan panitia total 227 starter. Lumayan dibanding seri pertama yang 215 stater, “Seri pertama memang dekat dengan lebaran. Seri kedua ini ada beberapa kelas bertambah pesertanya, walau di beberapa kelas juga berkurang,” papar Robby Winaldy dari Yamaha Motor Sport yang mengurusi soal jumlah starter.

Ada peningkatan lima persen dibanding dari seri pertama. Kelas paling ramai sudah pastilah dari komunitas. Karena memang awalnya, YSR dibangun untuk menggabungkan balapan profesional dan mereka yang hobby. Ambil contoh setiap kelas komunitas selalu diikuti di atas 25 peserta. Bahkan awal YSR dibikin lima tahun lalu yang namanya Comm B bisa di atas 60 peserta, you boleh bayangin tuh.

Dilla sudah tahun kedua ikut Comm B

Tapi sekarang kelas-kelas komunitas telah terbagi sesuai perjalanan YSR. Maksudnya terbagi sesuai keterampilan dan prestasi dari data panitia YSR. Makanya sudah ada kelas Comm Prof, Comm A, Comm B, Comm B Consulation dan Com B Beginner, “Dan Com B Consulation Sport 250 cc di seri 2 ini tetap paling banyak pesertanya,” tambah Robby dengan senyumnya.

Dilla SA yang darinamanya sudah pasti awewe mengaku ikut komunitas dari klub wilayah Bogor, sudah setahun lebih. Maksudnya tahun lalu dia ikut penuh, “Jadi prestasi juga meningkat dan sekarang di Comm B utama. Saya pasti ikut, karena hanya Yamaha Indonesia yang membuka kelas sport khusus komunitas dengan resmi dan teratur sesuai jadwal,” kata Dilla yang manis sekali dan sudah mulai ngerti soal setting motor. Waw…

Khusus profesional kelihatannya makin profesional tuh. Jika di seri sebelumnya masih meraba  teknologi VVA (Variable Valve Actuation) pada All New R15, sekarang sudah mulai lancar. Bahkan di sesi latihan bebas, catatan R15 VVA bisa sentuh 1 menit 49 detik, “Sebenarnya, kalau ketemu dan sudah lancar risetnya, R15 VVA akan jauh lebih kencang. NAh ini tantangan buat mekanik,” papar Om Hawadis dari tim HDS.

Termasuk juga di Sport 250 yang suspensi depannya up side down yang ada pada New R25. Mereka sudah mulai bersahabat dengan suspensi depan yang terbalik itu. Kalau begitu, gas polll. Raider

BACA JUGA

Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race, Sentul, Bogor, Jabar 27 – 28 Juli 2019

Yamaha Sunday Race 2019 Sentul: All New R15 VVA Wajib Buat Kelas Sport 150 Prof

Jelang Seri 2 Yamaha Sunday Race 2019: Tim Oryza Antisipasi Aturan VVA Pada Sport 150

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353