nhk

(YSR) Yamaha Sunday Race 2019 Sentul: Sukses Dari Jumlah Dan Peningkatan Skill Peserta

ManiakMotor – Putaran ke-2 Yamaha Sunday Race 2019 (YSR) yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jabar menyedot 227 starter. Mereka menyebar pada 13 kelas yang dibuka oleh Yamaha Indonesia sebagai penyelenggara OMR alias one make race ini. Ada peningkatan peserta dibanding putaran awal yang 215 starter.

Kelas R25 Comm B menjadi kelas yang paling banyak mengumpulkan 35 peserta. Disebut peserta, karena ke-35 di hitung 1 (satu). Yang disebut starter adalah satu peserta ikut beberapa kelas. Yang kedua terbanyak dari para pemula di kelas R15 Comm B Beginner dan R25 Comm B Beginner yang masing-masing 25 dan 30 peserta.

“Yamaha Sunday Race 2019 ini masuk tahun ke-5. Tidak mudah membangun kebersamaan dengan teman-teman komunitas. Saat ini mereka begitu menikmati balapan dan berupaya mempertajam kemampuannya,” terang M Abidin, General Manager After Sales dan Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Saya ikutan Yamaha Sunday Race ini sejak 2017. Saya merasa enjoy dalam kompetisi yang dibalut kebersamaan ini. Banyak hal yang saya pelajari, misal kedepan saya akan lebih meningkatkan ketahanan fisik karena persaingan yang semakin ketat,” tukas Peter Chandra dari tim Yamaha Master Torque Indonesia yang memenangkan podium juara kelas R25 Comm B

Menarik perkembangan riset All New R15 Pro yang notabene diwajibkan untuk kelas Sport 150 Pro. Data terbaru bahwa best-time Sport 150 CC Pro sudah 1 menit 50,507 detik. Ini lebih baik dari best time putaran pertama yang 1 menit 51,2 detik oleh Wahyu Aji (Yamaha HDS Racing). Ada penajaman hingga 0,7 detik.

Jumpa Pers Yamaha Endurace 2019

Sebetulnya, saat sesi latihan bebas, Gupita Kresna (Yamaha Aira) sudah menembus 1 menit 49 detik. Namun kemudian ada problem teknis. “Potensi mengupgrade All New R15 masih terbuka lebar. Harus terus riset yang saat ini fokus pada kompresi, camshat serta porting. RPM juga masih dibatasi 14 ribu, agar aman. Step by step saja,” terang Bima Aditya selaku tuner tim yang menghantar Gupita Kresna meraih podium kedua di Sport 150 cc Pro.

Termasuk juga kemajuan signifikan di kelas Sport 250 Pro dimana Anggi Setiawan (Yamaha Akai Jaya)  dapat berkompetisi ketat dengan Rey Ratukore (Yamaha RRS) yang selama ini dominan. Anggi Setiawan yang berasal dari Palu dan sudah mencatat waktu 1 menit 43 detik beberapa kali dapat mengovertake seniornya, Rey Ratukore. Mereka bertarung sengit hingga bendera finish dikibarkan. Anggi yang dikawal mekanik MBKW2 Yogyakarta finish ke-2 dengan gap waktu yang sangat tipis.

Tidak kalah menarik ialah aktifitas di luar racing, yaitu kompetisi bagi para gamer. Mulai PES (Pro Evolution Soccer), MotoGP dan PUBG (Player Unknown’s Battlegrounds). Ratusan peseta dari berbagai daerah ikut terlibat. Mereka berkompetisi untuk memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. Raider

BACA JUGA

Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race, Sentul, Bogor, Jabar 27 – 28 Juli 2019

Seri 2 YSR Sentul 2019: Waw… Murid Doni Racing School Borong Piala

Seri 2 YSR Sentul 2019: Race Sport 250, Tersisa Duel Anggi Dan Ratukore

Seri 2 YSR Sentul 2019: ‘Kerjasama’ Apik Gupita & Iksan Di Race Sport 150 Pro, R15 VVA-nya Kuat

BAGIKAN