nhk

5 Fakta Sosok Toprak Razgatlioglu, Muslim Taat Dari Turki! ElTurco! Saingan Jack Miller!

Toprak berdoa sebelum balapan

Maniakmotor – Kejuaraan WSBK 2021 Dimenangkan Toprak Razgatlioglu, pembalap dari tim Pata Yamaha Brixx. Dengan posisi kedua yang didapatkannya pada race-1 Seri Final Mandalika kemarin, doski memenangkan perebutan gelar juara dunia yang berlangsung di Mandalika itu.

Sosok Toprak sangatlah flamboyan dan disaat yang sama sangat kuat di atas motor Yamaha R1Mnya, namun bagaimana sosok asli Toprak di belakang layar?

1. Salah satu hal yang paling terlihat di depan layar, adalah bagaimana Toprak sering kali menghindari pesta Prosecco DOC atau selebrasi champagne di podium kemenangan. Rupanya Toprak Razgatlioglu adalah seorang Muslim taat dari Turki, negara dengan 98% populasi Muslim tersebut.

Toprak Turun Dari Pdoium Saat Pesta Champagne

Oleh karena itu ia tidak ingin ikut berpartisipasi dalam pesta champagne Prosecco DOC di podium. Dan para pembalap lainnya pun ikut menghormatinya. Tidak hanya itu, pada bulan ramadhan tahun ini, ia tetap aktif ikut seri WSBK walaupun harus sambil menunaikan ibadah puasa.

Selain itu, Toprak juga rajin berdoa sebelum dan sesudah balapannya, yang menjadi salah satu sorotan media racing asing juga.

2. Toprak lahir di kota Alanya, Turki pada 16 Oktober 1996. Kota pantai yang populer dengan turismenya. Namun saat ini doski tinggal di kota dekat Istanbul yaitu kota Sakarya, Turki. Dekat dengan sirkuit Karting Kenan Sofuoglu, guru balap motornya.

Toprak di sirkuit Kenan Sofuoglu, di Sakarya, Turki bersama dengan Kenan Sofuoglu (di kanan)

Toprak masuk ke dalam kejuaraan terbesar pertamanya di Superstok 600 Eropa Magny Cours oleh gurunya Kenan Sofuoglu pada tahun 2014. Debutnya di perlombaan itu langsung bisa memenangkan perlombaan dengan jarak dua persepuluh detik di depan Anthony Dumont dan Niki Tuuli, pembalap – pembalap yang masih aktif di kejuaraan WSBK hingga saat ini.

3. Saat ini gurunya, Kenan Sofuoglu adalah seorang juara dunia WSSP lima kali dan ia menjadi manajer dan gurunya. Kendati banyaknya gelar yang ia dapat di kelas WSSP, Kenan tidak pernah mendapatkan gelar juara dunia di WSBK. Oleh karena itu Kenan Sofuoglu menargetkan Toprak untuk juara dunia dan itu berhasil.

4. Toprak adalah penggemar olahraga ekstrim, dan menikmati banyak jet ski, fliteboarding dan, di musim dingin, snowboarding. Dia juga menikmati karting di sirkuit Sofuoglu dan menggunakan motorcross. Dia juga bisa melakukan berbagai trik senam, seperti handstand dan hand walking, sesuatu yang dia pelajari di laut ketika dia besar di kota pesisir Alanya.

Topral mempraktikan handstand

5. Di helm balapnya, ada inisial TTA yang dimaksudkan untuk dirinya sendiri, saudaranya Tümay dan ayahnya Arif. Sekaligus inisial nama panggilan ayahnya: Tek taker Arif, yang diterjemahkan menjadi “Wheelie Arif”  dalam bahasa Inggris.

Inisial TTA pada Helm Toprak

Naas, pada 17 November 2017, ayah Toprak kehilangan nyawanya dalam kecelakaan sepeda motor di Turki.

Ayah Toprak Melatih Toprak Kecil Berlatih Motocross

Toprak mengikuti jejak ayahnya dalam mempelajari beberapa akrobat, terutama menguasai seni stoppie. Apakah itu berguling dan berbelok atau pengereman keras tradisional, trik pesta Toprak adalah stoppie, sesuatu yang sama dengan pembalap Ducati MotoGP Jack Miller.

Raider


Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353