Akhirnya Marc Marquez Jatuh dengan Ducati Desmosedicci GP24: Jatuh Dikit Gak Ngaruh!

Maniakmotor.com – Pembalap anyar tim Gresini Ducati, Marc Marquez, akhirnya jatuh untuk pertama kalinya dengan Desmosedici yang dikendarainya itu pada hari kedua Tes MotoGP Qatar (Selasa, 20 Februari 2024). Tepatnya doi crash di tikungan 4 pada 20 menit menuju akhir sesi.

Meski begitu, usai crash Marquez tampak biasa saja kembali ke garasi Gresini dan berbincang santai dengan kepala kru Frankie Carchedi. The Baby Alien ungkapkan kebalikannya, bahwa doi malah cukup puas dengan performa doi pada tes hari tersebut. 

Bagaimana tidak? pada sesi akhir (21.00)  Marquez telah berhasil meraih posisi tercepat keempat dengan catatan waktu 1 menit 51,335 detik. Meski jatoh, jadinya ga sia-sia ya bro. Marquez hanya berbeda 0,383 detik dari Pecco Bagnaia, Ducati Lenovo, yang menjadi pembalap tercepat di tes akhir MotoGP Qatar kemarin. 

Pada tes hari kedua di Qatar, pembalap asal Spanyol tersebut memang lebih kasih keras terhadap resiko tunggangan Desmosedicinya itu di Sirkuit Losail. Dari situ, Marquez merasa penampilannya jauh lebih mantap bila dibandingkan dengan hari pertama tes di Qatar di mana doi hanya menempati posisi ke-16.

“Memang sudah direncanakan pada hari ini untuk meningkatkan risiko di atas motor, dan meningkatkan batas nyata motornya,” ungkap sang mantan pembalap Repsol tersebut dilansir dari Crash.net pada Rabu, 21 Februari 2024.

“Tetap saja, di satu putaran mereka sedikit lebih kencang tapi aku gembira karena kami meningkatkan setelan dasar,” sambung doi.

Pembalap dengan gelar juara dunia 8 kali tersebut memang sudah amat terbiasa untuk crash, kita liat aja di musim sebelumnya doi mencapai rekor pembalap yang terjatuh paling sering yakni sebanyak 29 kali. Tapi, kalau itu sih pas doi masih di Honda, hehe.

Setidaknya dari situ, kita dapat mengasumsikan itulah kenapa Marquez nggak kaget ketika jatuh pertama kalinya dengan Ducati. Doi ungkapkan faktor yang membuatnya terjatuh adalah karena terdapat masalah pada transponder yang memengaruhi waktu kecepatan doi yang berkurang ketika membawakan kuda besi tersebut. 

“Tetapi tidak papa, hal itu menjadi kejatuhan pertama saya dengan Ducati, tapi itu normal. Karena seperti yang saya katakan: Saya meningkat resiko pada hari ini,” ucap Marquez.

Doi memperbaiki time attack, ketika sedang melakukan simulasi balapan yang sangat panjang yakni 20 putara tetapi dengan red flagnya berarti sekitar 18 putar. Namun, pada putaran ke-12, Marquez crash karena mencoba beberapa hal yang berbeda.

“Meski begitu, kecepatanku tidak buruk. Ini adalah sebuah pramusim yang lengkap. Crash pertama dengan Ducati datang setelah uji coba selama enam hari,” kata doi layaknya ngomong, jatoh dikit mah ga ngaruh wir!

Mari kita sama-sama simak bagaimana performa seratus persen doi pada balapan pembuka MotoGP, di tempat yang masih sama, Sirkuit Losail Qatar 8-10 Maret 2024.

-Diva-