Alex Rins Masih Tak Puas dengan Settingan Yamaha M1 2024: Masih Motornya Quartararo Tok?

ManiakMotor.com —  Mantan pembalap Honda LCR, Alex Rins, yang kini berada di tim Yamaha Monster, ungkap kalau dirinya masih belum merasa oke dengan hasil MotoGP di Qatar maupun Portimao.

Seperti yang kita ketahui, doi berada di posisi ke-16 (Qatar) dan ke-10 (Portugal). Doi tak puas dengan settingan M1 yang dirasa kurang pas karena kekurangan bobot di bagian depan. 

Hal yang dibutuhkan Rins, bertolak belakang dengan apa yang sedang difokuskan Yamaha, yakni set-up dari pembalap andalan mereka, Fabio Quatararo. Benarkah ini yang bisa dikatakan seperti kejadian yang dilalui Honda dahulu dengan “Marquez Sentris”, giliran Yamaha yang terlena dengan Quartaro sentris. 

“Kami (tim) perlu bekerja lebih keras untuk settingan M1 saya dengan perbedaan yang lebih personal. Hingga saat ini, saya merasa tim melakukan sedikit perubahan pada motornya, namun fokus utama pada set-up yang digunakan Fabio,” ungkap Rins dilansir dari Crash pada Selasa, 2 April 2024.

“Padahal, usai balapan kemarin, saya menyadari bahwa kami perlu melakukan sesuatu yang berbeda pada motor saya. Kendala yang saya alami pada M1 di Portimao masih persis dengan balapan di Qatar,” sambung doi lebih lanjut.

Pembalap asal Spanyol tersebut menjelaskan bahwa kesulitan yang persis dialami di Portimao maupun Qatar adalah kendala doi ketika kontrol dalam melepaskan rem dan menginjak gas. Saat menikung Rins merasakan struggle dengan kuda besinya tersebut.

Bila dibandingkan dengan memfokuskan pada suku cadang baru, Rins lebih membutuhkan Yamaha prioritaskan settingan motor untuk dirinya. Meski begitu, doi tekankan bahwa apa yang sudah terjadi di 2 putaran balap kemarin, bukanlah kesalahan motor maupun tim. Baginya, jalan dirinya untuk membuktikan “lebih” dengan M1 masih panjang. Kasih paham di COTA ya bosque!

“Saya memang harus membiasakan diri dengan motor. Perlu banyak hal yang harus dipahami. Biar begitu, ada pekerjaan yang harus kami (tim) selesaikan,” tutup sang pembalap yang pernah menjuarai seri balapan 6x di MotoGP itu.

Yah, bisa dibilang ini kode dari Rins untuk sang tim pabrikan Jepangnya tersebut. Jangan sampai kejadian Jorge Lorenzo  dengan Honda terulang lagi ya, bro!

XiuXiu-