Alih Milik MotoGP dari Dorna ke Liberty Media: Pembalap Spanyol Tak Bakal Jadi Anak Emas Lagi?

Maniakmotor.com — 10 dari 22 pembalap MotoGP adalah orang Spanyol. Pun Dorna saat ini juga beroperasional utama di negara kelahirannya Marc Marquez tersebut. Di lain sisi, pembalap MotoGP yang berasal dari AS atauapun Inggris masih nihil, bro. Lantas beriringan dengan diakuisisinya ajang balap motor bergengsi ini oleh Liberty Media yang merupakan AS punya, akan membuat partisipasi pembalap MotoGP lebih beragam?

Yap, pertanyaan seperti itu muncul ketika melihat gimana ajang F1 yang telah diakuisisi duluan oleh Liberty Media, kini mulai menyelenggarakan di sirkuit-sirkuit wilayah besar Amerika, seperti Las Vegas dan Miami. 

CEO Dorna saat ini, Carmelo Ezpleta, dalam wawancara dilansir dari Crash (Jumat, 5 April 2024) mengungkapkan,

“Saya selalu ingat ketika mereka (publik) bertanya kepada Dan Rossomondo selaku direktur komersia kami, mengapa terlalu banyak pembalap Spanyol di olahraga global seperti MotoGP, dia berkata: ‘Saya pun berasal dari NBA (liga basket internasional), ini adalah olahraga global, yang terkenal dii seluruh dunia. Dan memiliki cakupan global secara luas, alasannya bukan karena jumlah penduduk Amerika yang banyak, namun 90% memang orang Amerika, dan mereka semua  tak begitu peduli,” 

Kemudian, bisakah lebih banyak putaran MotoGP diadakan di luar Eropa?

“Itu mungkin terjadi, tapi tidak sekarang,” kata Ezpeleta.

“Balapan yang sedang atau akan digelar pada 2024, 2025, dan 2026 praktis semuanya sudah terkonfirmasi.

“Dari sana, jika kita meningkatkan… kita tidak bisa melakukan lebih dari 22 dan kita meningkatkan balapan di luar Eropa, karena beberapa balapan di Eropa harus dikurangi.”

Pada akhirnya, siapapun pihak yang fiks mengakuisisi Dorna, dominasi pembalap Spanyol, dan minus bahkan nihilnya pembalap Amerika, tak menjadi faktor penyebab utamanya. Ada aspek lain seperti yang sudah dijelaskan Ezpeleta mengenai khalayak di kedua negara yang banyak bedanya (tentu saja). 

Pun bisa saja, angan-angan MotoGP yang di F1-kan belum bisa jadi capaian terdekat oleh Liberty Media. Namun langkah demi langkah, upaya mereka menuju kesana.

Gimana  bro?

XiuXiu-