Banyak Pakai Rem Belakang, Marc Canggung Pakai RC213V 2022, Motornya Pol Espargaro?

Marc Marquez dengan Pol Esapargaro di Qatar GP 2022

Maniakmotor – Pol Espargaro hanya bisa mendapaktan urutan ke-13 di klasemen kejuaraan dunia 2021. Namun penampilannya di tes pramusim hingga seri Qatar 2022 ini, benar – benar mengalami peningkatan bersama Honda RC213V yang berubah ‘radikal’.

Bahkan pada seri Qatar, Losail 4-6 Maret kemarin, Pol Espargaro bisa memimpin 98% jalannya perlombaan dari putaran pertama hingga satu lap menjelang finish. Doski hanya kalah salah strategi dalam menggunakan compound ban yang malah soft – soft. 

Di sisi lain paddock Honda Repsol, ada Marc Marquez yang harus puas hanya bisa berada di posisi ke-5. Tentunya bagus daripada tidak finish, tapi tidak bagus bila dibandingkan dengan catatan Marc Marquez di Sirkuit Losail ini (3 kali menang, 2 kali ke-2).

Marc Marquez di MotoGP Qatar, Losail 4-6 Maret 2022 dengan Honda RC213V

Nyatanya, bukan hanya pada sesi balapan bahwa performa Marc kalah dari Pol Espargaro. Marc hanya unggul dari Pol Espargaro di FP2, selebihnya sang juara dunia 8 kali harus puas membuntuti rekannya yang merupakan juara dunia Moto2 di tahun 2012 itu.

Itu diakui Marc sendiri setelah kalah dari Aleix, kakaknya Pol Espargaro. “Selama akhir pekan ini, Pol selalu membawa motor sedikit lebih baik dari saya. Saya kira, hal ini adalah salah satu faktor karena dia bisa menghentikan motor lebih baik,” terang Marc.

Yap, artinya Marc emang masih belum bisa menghentikan RC213V 2022 dengan efektif, “terutama, saya masih belum terbiasa memakai rem belakang sebanyak dirinya. Kalau saya tiru, rasanya bakal high side,” jelas Marc yang tetap pakai gaya rem depannya.

Meskipun begitu, Marc tetap mensyukuri atas keberhasilan teman setimnya, “dengan begini kami bisa mendapatkan referensi yang baik di dalam paddock. Kami berada di balapan pertama musim ini, dan ini membantu kami untuk bisa lebih baik,” tambah Marc dengan tetap bersyukur.

Pol Espargaro di Qatar, Losail 4-6 Maret 2022 dengan RC213V 2022

Perlu diketahui, gaya membawa Pol Espargaro dan Marc Marquez cenderung berbeda. Pol dari dulu emang lebih sering memakai rem belakang, dan ngepot memasuki tikungan. Di sisi lain, Marc sangat keras di rem depan hingga ban belakang menangkat cukup tinggi.

RC213V yang menurut Marc harus banyak memakai rem belakang itu tentu sangat cocok untuk Pol Espargaro. “Dengan begini, bukan hanya Marc yang bisa berjuang di podium dengan Honda,” sebut Pol dengan ceria.

Untuk Pol sendiri, RC213V 2022 ini memang memiliki banyak perubahan yang baik. “Dalam membawanya, motor ini tidak sesulit tahun lalu untuk dibawa ke podium. Padahal di Sirkuit ini (Losail) tahun lalu, saya sangat kesulitan,” cerita Pol yang tahun lalu hanya ke-8 dan ke-13 di dua seri Qatar berturut – turut itu.

Meskipun begitu, Pol tidak merasa motornya ini hanya khusus buat dirinya. “Saya kira, baik Marc maupun diri saya bisa bertarung untuk podium layaknya duo Honda di masa lalu. Motor ini akan jadi tanda Honda kembali berjaya,” tutup Pol Espargaro dengan tegas.

Wow! Pabrikan lain pastinya ketar – ketir! MM

BACA JUGA

Pasca MotoGP Qatar: Brad Binder Tidak Mau Lupa Daratan, Ini Yang Mau Dilakukan!