Barbar di Kejurnas Oneprix 2024? Ini Tindakan yang Bisa Dapat Hukuman Skorsing dan Pencabutan KIS!

YCR 2020 sepmat berjalan satu seri. Selanjutnya belum jelas

Maniakmotor – Balap motor adalah olahraga yang harus menunjang tinggi sportivitas. Tapi bukan olahraga tinju atau MMA, yang boleh ada kontak fisik. Kalau mau boleh sampeyan nonton One Pride MMA, hehehe.

Makanya di hasil rakornis Ikatan Motor Indonesia (IMI) 2024 tertulis dengan jelas beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan. Kalau dengan sengaja, ataupun tidak sengaja melakukannya, siap-siap dapat hukuman berat.

Itu tertulis di dalam Peraturan Balap Motor Nasional ONEPRIX (OP), nomor ke-6. Beberapa tindakan yang dilarang keras antara lagi sebagai berikut:

“Pembalap melakukan tindakan tidak terpuji atau unsportif (pemukulan, meludah, tindakan kekerasan akan mendapatkan sanksi skorsing 1 tahun dan pencabutan KIS,” ujar pasal tersebut.

Maksudnya kalau ada joki yang dengan sadar melakukan tindakan tersebut, siap-siap Kartu Izin Start (KIS) nya tidak bisa dipakai. Auto tidak bisa ikut event-event yang diselenggarakan IMI dari level daerah hingga nasional.

Ini bagus, karena dengan tertulis jelas di awal, pasti banyak pembalap yang lebih sadar atau aware dalam berperilaku. Jadi sudah ada rambu-rambu yang memberikan peringatan terlebih dahulu.

Enggak ada lagi tuh cerita atau negosiasi kalau terlanjur berperilaku seperti yang tertulis dalam pasal tersebut. Dan dengan ini semoga saja balap motor di Indonesia semakin sportif, amin.

Perlu diketahui, sebelumnya di musim balap motor Kejurnas Oneprix 2023, sempat ada beberapa kasus tindakan unsportif antara pembalap. Itu bro tahu sendiri, dan bisa disearching rekam jejaknya di internet.

Jadi tentunya pasal ini juga bisa lebih menjaga nama baik pembalap dan tim yang berpartisipasi, mantap.

 gass!

RAIDER