Bastianini Nilai Ducati GP21 Lebih ‘Ramah’ Untuk Rookie! GP19 Kayak Kuda Liar!

Maniakmotor – Pembalap Gresini, Enea Bastianini menganggap motornya tahun ini GP21, jauh lebih ramah untuk anak baru alias rookie setelah mencobanya di uji coba Jerez 2 minggu lalu. Bahkan menurutnya, keramahan motor GP21 bisa mengalahkan Yamaha-M1 yang terkenal dengan keramahan pada rookie.

Fakta bahwa Ducati menjadi lebih tenang saja sudah mengkagetkan, karena selama kurang lebih satu dekade ini. Misalnya dari jaman Rossi di Ducati lalu, motor ‘kuda Italia’ itu terkenal liar dan bertenaga.

Bagnaia yang sangat spektakuler tahun ini pun dibuat tidak berkutik pada tahun 2019 oleh kuda itu. Dia harus mengakhiri musim di posisi ke-15 klasemen, dengan cetakan 54 poin saja. Sementara Fabio, Rookie of the year 2019 mendapat 192 poin dan langsung membawa Yamaha M1 layaknya motor lamanya.

Namun, Bastianini yang merasakan asam-garam GP19 selama 18 seri, sudah tidak perlu khawatir karena akhirnya ia dapat GP21. “GP21 dapat dikatakan, ‘jauh’ lebih lembut dibanding GP19 yang agresif dan membuat pembalap rookie tidak baik – baik saja.” Tukas Bastianini, yang memaksakan GP19nya itu untuk bisa dapat dua podium, tahun ini.

Pada tahun 2021, banyak sisi kenyamanan yang sempat dikembangkan mulai dari chassis dan aerodinamika. Sementara mesin tetap menggunakan punya 2020, karena pembekuan pabrik akibat Covid-19.

Bastianini dengan warna baru Gresini

“Dengan kombinasi ini saya rasa GP21 adalah motor yang sangat nyaman.  Mesin GP20 memiliki tenaga yang lebih, namun karakteristik throttle lebih lembut dan anda bisa lebih santai dalam melakukan putaran di sirkuit. Rasanya nyaman untuk dibawa, dan lebih baik dikendalikan. Tidak seperti GP19 yang rasanya seperti dibawa motor.” Tutup Bastianini sambil tertawa.

Raider