Beda Rantai Balap ada di Bagian Ini! Simak Keunggulan RK Chain 415 HRU

Maniakmotor.com – Buat kalian yang suka ngoprek motor, pasti sering denger kan bedanya rantai motor balap sama yang buat harian? Nah, kali ini kita bakal bahas nih tentang perbedaan dua hal yang keliatannya sama tapi beda, yaitu rantai motor balap dan rantai motor harian. Dan kuncinya ada di sil dan ukurannya, bro!

Jadi, kalau kita lihat dari luar, memang nggak keliatan bedanya antara rantai motor balap sama yang biasa dipake sehari-hari, ya kan? Tapi, ternyata ada perbedaan yang gak kecil-kecil banget, bro!

Zeanal dari tim promotion RK Chain Indonesia, nih, ngebahas soal bedanya rantai motor balap sama yang buat harian, nih. Katanya sih, buat balap, banyak yang pake tipe HRU, bro. Nah, tipe HRU ini biasanya punya ukuran 415, loh!

Angka 415 itu sebenernya nunjukkin ukuran rantainya, bro. Jadi, semakin kecil angkanya, semakin kecil dimensi rantainya. Nah, ini juga berpengaruh ke bobot rantainya, loh! Biasanya, motor harian pakai rantai dengan ukuran 428 hingga 520, yang biasa dipake di motor sport 250 cc.

Terus, soal sil atau seal di rantai juga beda, bro. Buat motor balap, mereka biasanya pakai sil model u-ring. Ini bikin rantainya lebih enteng, loh! Sil u-ring ini 50% lebih tipis dari yang biasa dipake di rantai motor harian, tapi lebih kuat, bro! Ada maksudnya juga, sih, pabrikan rantai motor buat balap pakai sil, yakni buat menjaga oli rantai biar nggak gampang keluar dan buat jadi pendingin supaya rantainya nggak gampang mulur.

Jadi, kesimpulannya, rantai motor balap itu dibuat lebih ringan tapi tetap kuat, biar bisa nganterin tenaga mesin yang besar ke roda. Makanya, nggak heran kalau ada perbedaan yang cukup signifikan antara rantai motor balap sama yang buat harian, bro!