Begini Teknologi Rantai Balap RK Chain!

Maniakmotor.com – Buat para petrolheads, ada satu rahasia yang mungkin belum banyak orang tahu nih! Bedanya rantai motor buat balap sama yang buat harian, ternyata ada di sini, bro!

Jadi, pada awalnya, kalau dilihat sekilas, kayaknya nggak ada bedanya antara rantai motor buat balap sama yang buat harian. Tapi, nih, ada Zeanal dari tim promosi RK Chain Indonesia yang punya penjelasan seru banget!

Menurut Zeanal, rantai motor balap biasanya pakai tipe HRU dengan ukuran 415. Nah, angka 415 ini sebenernya merujuk ke ukuran rantai yang digunain, bro. Makin kecil angkanya, berarti rantainya juga makin kecil dimensinya, yang artinya bobot rantainya jadi lebih ringan. Nah, beda sama motor harian yang biasanya pakai rantai dengan ukuran 428 hingga 520.

Trus, ada juga yang namanya sil model u-ring yang dipake di rantai motor balap. Ini bikin rantainya lebih enteng, tapi tetep kuat, loh. “Sil u-ring ini 50% lebih tipis dari sil o-ring dari rantai RK Chain tipe ELO maupun KLO2,” jelas Zeanal. Jadi, efeknya bobot rantainya jadi lebih enteng tapi tetep kuat!

Trus, buat apa sih pake sil itu? Nah, menurut Zeanal, fungsi sil itu buat menjaga oli rantai biar nggak gampang keluar, dan juga buat jadi pendingin biar rantainya nggak gampang mulur. Jadi, nggak cuma ringan, tapi juga punya fungsi penting, bro!

Jadi, intinya, rantai motor balap dibuat supaya lebih ringan tapi tetep kuat buat nyalurin tenaga mesin yang besar ke roda. Jadi, buat kalian yang suka balapan, pasti bisa ngerasain bedanya performa dengan rantai yang lebih enteng kayak gini, deh!

Gimana, seru kan ngebahas bedanya rantai motor balap sama yang harian? Jadi, jangan heran lagi kalau harga rantai motor balap biasanya lebih mahal, karena memang dibuat khusus buat ngedapetin performa yang oke di lintasan!