Berawal dari ‘Ide Gila’, Honda Draco Bikin Body Carbon Honda GTR Pertama di Dunia! Lebih Ringan Dari Gas Melon, ini Asal Usulnya

Maniakmotor – Ringan artinya lebih cepat, kalau bisa part-part motor kudu setipis bulu. Makanya sekarang yang dituntut ringan itu mulai menjalar ke body motor. Ala MotoGP gitu bro, yang full berbahan Carbon Fibre.

Tampilannya juga hitam, gagah perkasa alias tahan banting dan anak motor pasti suka. Tapi emang, sesuatu yang sifatnya inovatif butuh ‘ide gila’, kayak body carbon buatan Honda Draco Racing ini.

Gimana enggak gila, bahan yang dipakai benar-benar 100% carbon fiber yang dicetak menjadi sebuah body motor Honda GTR. Hal ini diceritakan sendiri oleh Indra Draco, Bos dari tim Honda Draco yang ada di Pekanbaru itu lho geis.

“Saya melihat body Balap di motogp waktu di mandalika mas, menggunakan carbon. Kemudian saya coba komunikasikan dengan ucok mm custom jakarta timur, untuk membuat body carbon full honda gtr,” ujar Indra.

“Awalnya sih ide gila katanya,  tapi dia coba kerjakan untuk saya. Kebetulan saya teman lamanya. Dari awal balapan 2015 saya selalu membuat body bareng Ucok MM Custom,” sambung Indra.

Pantesan hasilnya mantap, usut punya usut yang buat adalah MM Custom, bengkel body motor yang udah jadi kepercayaan banyak tim balap itu lho bro.

Dulu Bang Ucok juga sering bertemu founder Maniakmotor.com Don Miolo. Nama asli bang Ucok ini adalah Yohannes Sirait, yang sekarang usianya sudah 43 tahun itu. Horas lae, hehe.

Balik ke laptop, ngomongin keringanan juga mantap punya. Gas melon yang udah kosongan aja bisa kalah saing.

“Beratnya hanya 2,8kg, sementara body fiber biasa bisa berada di angka 7kg. Jadi kalau dibandingkan ya jauh lebih ringan,” ucap Indra.

“Kalau masalah hancur ketika jatuh bisa saja. Tergantung dari hantaman jatuh itu sendiri,” sambung Indra.

Tapi menurut Indra itu tidak penting, justru ia melihat ke arah lain. Ini menurutnya sebuah tren baru yang menuju ke arah perkembangan dunia balap di Indonesia.

“Di tambah sekarang body carbon sudah seperti trend yang akan di gunakan balap nasional ke depannya,” katanya.

“Intinya saya melakukan ini, untuk mencari ringan di bobot motor dan akan menjadi trend kedepannya,” pungkas Indra.

Nah bro yang kepengen juga, boleh ke MM Custom. Asal tahu saja, MM yang beralamat di Jln Haji Naman No.1, Pondok Kelapa, Jakarta Timur itu, mengerjakan sekitar 20 tim besar Indonesia lho.

MM