Bergulirnya Konsesi Baru MotoGP 2024! Pembalap Yamaha dan Honda Buka Tes Shakedown Sepang dengan Keistimewaan Baru

Maniakmotor – MotoGP 2024 siap menggelegar dengan aturan konsesi terbaru yang membuka pintu bagi pembalap Yamaha dan Honda untuk meramaikan tes shakedown di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 1-3 Februari 2024. Aturan ini membawa angin segar bagi para pembalap reguler dan test rider, terutama setelah posisi terbawah pada klasemen konstruktor 2023 menjatuhkan mereka ke Kategori D.

Dalam kategori ini, Yamaha dan Honda diberi keistimewaan untuk mengembangkan motor mereka dengan bebas. Mereka bisa menjalankan tes di mana pun tanpa batasan dan diizinkan menggunakan test rider maupun pembalap reguler. Tak hanya itu, alokasi 260 ban untuk tes memberikan mereka kesempatan lebih banyak untuk eksperimen.

Duet Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins, bersiap untuk menghadapi tes shakedown bersama test rider Cal Crutchlow. Sementara itu, Joan Mir, Luca Marini, Johann Zarco, dan Takaaki Nakagami dari Honda akan berbagi lintasan dengan test rider Stefan Bradl dan Takumi Takahashi.

Para pembalap reguler dan test rider ini akan menjalani tes shakedown sebelum melangkah lebih jauh dalam tes pramusim di trek yang sama pada 6-8 Februari 2024, bersama para rider pabrikan non-konsesi.

Aturan konsesi baru tidak hanya memberikan kebebasan dalam tes, tetapi juga memberikan jatah wildcard enam kali per musim bagi pabrikan yang berada di Kategori D. Honda dan Yamaha juga mendapatkan alokasi mesin tanpa pembekuan spesifikasi, serta keleluasaan untuk melakukan dua pembaruan aerodinamika sepanjang musim.

Tes shakedown di Sepang ini juga akan melibatkan debutan Red Bull GASGAS Tech 3, Pedro Acosta, bersama test rider berpengalaman seperti Michele Pirro, Lorenzo Savadori, Dani Pedrosa, Pol Espargaro, dan Jonas Folger dari berbagai pabrikan.

Jadi, saksikanlah saat Yamaha dan Honda membuka babak baru dengan keistimewaan dan tantangan baru dalam tes shakedown MotoGP Sepang 2024. Akselerasi motor, perang aerodinamika, dan pertarungan wildcard akan menjadi sorotan utama!