Bocoran Perangkat Limitter 14.000 RPM ECU Aracer 2024! Alat Cuma Satu dan Dipegang IMI, Gak Bakal Bisa Akalin?

Maniakmotor.com – Nyari celah dalam regulasi itu biasa. Namanya juga akal-akalan, itu udah jadi ilmu kudu mekanik. Tapi lain cerita kalau ngomong Limitter di 14.000 RPM untuk ECU Aracer di Road Race 2024.

Itu biar celah tadi jadi tertutup rapat. Wacananya sih begitu, gak tau nanti di lapangan bagaimana. Tapi jelasnya, sudah dipastikan alat ini bakal dipakai maksimal. Maksudnya, sebelum balapan tim-tim wajib colok perangkat Limitter itu terlebih dahulu, begitupun saat scrut.

Bocoran ini didapat dari Freddy Gautama, distributor utama Aracer di Indonesia. Doi juga yang koordinasi ke pihak Aracer Taiwan, dan mengarahkan ke IMI.

“Alat ini, bingung juga sebutnya perangkat apa. Mirip seperti modern lah, jadi modul yang dicolok ke ECU. Nanti ECUnya bakal menuruti perangkat itu, dan limittter otomatis akan berubah ke 14.000 RPMP,” ujar Freddy.

“Jadi beda ya sama setting sendiri di aplikasi. Itu kan cuma Settingan, bukan pengunci. Kalau alat ini sifatnya mengunci, jadi nanti saat dibuka di laptop Tuner, harusnya gak bisa diapa-apain lagi,” sambung Freddy.

Nah, makanya sebelum balap tim-tim wajib scrut. Scrut itu kalau dulu cuma lihat dan data part-part mesin, kali ini bakal beu ah.

“Sebelum balap, misalnya di hari Jumat alat ini bakal dicolok. Begitupun nanti saat selesai Race 1 atau Race 2. Perangkat itu bakal dicolok lagi dan ke data semua tuh, apakah Limitter 14.000 atau tidak,” ujarnya.

“Ya jelas tentu saja walau Limitter mesin di angka 14.000, ada kalanya bisa melebihi sikit. Misalnya 14.100 atau 14.150. Biasanya sih cuma saat turun gigi. Kalau saat WOT, harusnya enggak,” lanjutnya.

Mantap kan bro? Jadi penggunaannya sama seperti Octan meter. Setiap balap motor bakal diperiksa. IMI yang pegan, tinggal kita lihat apakah bisa dimaksimalkan atau tidak.

Josss!! RAIDER