Buat Motor Spek MP1 di Racetech Performance ‘Hanya’ Butuh Dana Segini! Setara ‘Wacana’ DP 3 Joki di Oneprix 2024?

Maniakmotor – Karya korek mekanikal dan elektronik Racetech Performance adalah salah satu yang terbaik di Kejurnas Balap Motor.

Setiap tahunnya bahkan sampai musim balap motor tahun 2024, ‘berebut’ tim profesional menggunakan jasanya. Itu mah telah terbaca dan boleh dihitung sejak serial balap motor 2017.

Tahun lalu saja ada lebih dari enam tim yang menggunakan jasa speed shop yang bermarkas di Sentul, Jawa Barat tersebut.

Sang empunya namanya Leon Chandra. Doi juga membagikan besaran biaya untuk membuat motor di bengkelnya itu. Kebetulan di tahun 2024 ini naik sikit dari di tahun 2022.

Kebetulan aja, gak jauh dari wacana uang DP Joki untuk 3 pembalap di Oneprix 2024, hehe. Tuh doi langsung curhat.

“Sekarang Rp180 Juta mas. Iya tadinya untuk MP1 itu di angka Rp150juta di tahun 2022. Kondisi motornya baru faktur, jadi nggak on the road,” ujar Leon.

Ngebuatnya juga gak asal jadi, cukup memakan waktu. Makanya paling tepat ya dibuat pada awal musim.

Jadinya nyambung nih kalau bicara di awal musim itu pula, tim-tim butuh dana besar.

“Kalau pengerjaannya tergantung spare partnya. Kalau sedang tidak terlalu susah dicari, paling tiga minggu sampai satu bulan,” ucap Leon.

Rupanya nyaris sama untuk motor OP2 atau yang dulu dikenal MP3. Iya bro, yang Novice itu lho. Kan hanya beda di bagian blok cylinder head, dan conrod yang masih STD.

“Kalau motor motor Oneprix, itu harga yang paling tinggi, yang top of the range motor yang dipersiapkan untuk balap di daerah maupun Oneprix,” ujar Leon Chandra.

“Nah untuk Novice itu sebenarnya kurang lebih sama aja. Beda dikit doang mas,” sambung Leon.

Menariknya, salah satu part yang menyumbang angka paling banyak itu justru di perangkat elektronik. Satu motor saja lebih dari 25 persen dihabiskan untuk elektronik ini.

“Sebenarnya part yang paling mahal sendiri adalah elektroniknya, jadi elektroniknya ini dia ada ECU, perangkat Lamda sensor, GPS sensor, terus banyak lah, untuk elektroniknya saja hampir 50 juta,” urainya.

Kalau mau pesan mesinnya saja, Leon Chandra juga memberikan bocoran harganya gaes. “Kalau misalnya mesin sendiri, kalau kita jual mesinnya saja kurang lebih Rp50-55 jutatergantung kelasnya,” pungkasnya.

Ya gak wajar kalau (nantinya), banyak tim yang akan keberatan dengan wacana Dp Joki di Oneprix 2024.

Wong buat 1 joki aja sampeyan bisa memesan 1 mesin Mx King di Racetech Performance, hehe.

Raider