Bukan Cuma Regulasi! Kesenjangan Performa Honda di Indonesia, Bisa Belajar Banyak dari Malaysia Cub Prix? Cuma Kurang Variasi Sirkuit?

Honda bisa kasih perlawanan di Mayalsian Cub Prix

Maniakmotor.com – Perdebatan kurang kompetitifnya Honda di ajang Oneprix Indonesia sebenarnya boleh banyak belajar Malaysia Cub Prix? Tapi jelas enggak meluku soal regulasi spek motor. Walau tentu itu juga berpengaruh.

Keseimbangan performa Honda dan Yamaha di Malaysia itu dijabarkan Shahrol Yuzy, legenda balap Malaysia dan pemilik tim Yuzy Racing.

Menurut Yuzy, perbedaan performa Honda di Indonesia dan Malaysia sangatlah besar. Artinya di sana bisa melawan balik Yamaha, kebalikan dari yang ada di sini, gituuu lho bro.

“Honda bole fight sama Yamaha, jelas kalau ada peraturan Limitter RPM 13.500 untuk Yamaha dan 13.600 maka makin fair lagi lah,” cakap Yuzy dengan logat melayunya, dikutip dari Funrace.id.

“Apalagi dengan magnet yang harus difungsikan dan baterai yang standard. Itu juga bakal potong cost, karena kalau lithium mudah ganti ulang dan juga harganya mahal,” sambung Yuzy.

Gimana enggak bole fight bro? Analoginya juga tinggal pakai Ducati vs Yamaha di MotoGP aje.

Karena kalau diobservasi, Honda sangat unggul saat main di sirkuit-sirkuit panjang. Misalnya di Sepang yang punya trek lurus banyak itu.

Nah, Yamaha bole kasih fight balek kalau kita tonton seri Malaysian Cub Prix di Sirkuit Teknikal.

Pada dasarnya, emang penting untuk dicatat bahwa sirkuit dapat memberikan pengaruh besar terhadap performa motor. Ini sih pendapat penulis ya bro.

Sirkuit dengan trek lurus panjang akan menguntungkan motor yang memiliki kecepatan tertinggi. Sementara sirkuit teknikal membutuhkan keringanan body motor yang lincah.

Tapi urusan sirkuit ini, sebenarnya IMI juga sudah memberikan keputusan tegas di 2024. Kan ingat bahwa Oneprix selaku peyelenggara Kejurnas dituntut kudu pakai banyak sirkuit.

Akankah hal itu terjadi? Ya cukup waktu yang memberi tahu. Pastinya, semoga benar saja kalau makin banyak variasi sirkuit, maka Honda bisa beri perlawanan.

Ngomong-ngomong info ini dari Yuzy ini pastinya bisa dipercaya. Kalau belum tahu Yuzy itu juga punya tim bernama Yuzy Racing dengan pembalapnya, Azroy Hakeem Anuar.

Itu lho, Azeoy yang di musim 2021 juara umum CP150. Tuh Mereka juga konsisten meraih podium di sepanjang musim 2023, menunjukkan kualitas dan konsistensi tim dalam menghadapi tantangan.

Betul, betul, betul MM