Coba Overlap dan Lift Tinggi, LFNHP969 Racing Hanya Patok Limitter di 14.300! Emang Tenaganya Bisa Keluar?

Maniakmotor.com – Balik lagi ke akal-akalan untuk regulasi Limitter 14.500 RPM di kelas Expert Oneprix 2024. Bikin kagetnya  mesin  Mx King di tim LFN HP969 Racing Team hanya pada Limitter 14.300 rpm dalam keadaan statis.

Maksudnya saat diprogram dan keadaan berhenti, kalau dinamis itu bergerak dan lebih dari angka di atas. Tenaganya memang diracik khas sirkuit permanen road race yang ada isinya sejak putaran menengah.

Tapi juga untuk atasnya, yang pakai angka lift klep lebih tinggi. Kuciannya katanya, ya kata mekaniknya, soal racikan noken yang pengaruhi buka tutup klep ini. Maklumlah, kalau power sudah ada, tinggal pintar-pintar mengatur rasio dan final-Gear.

Angka-angkanya kem itu dijelaskan Andri Bol, mekanik LFN HP969 Racing Team yang menangani motor Robby Sakera dan Fahmi Basam di kelas Expert.

Andri Bol Lagi Sibuk di Lapangan

“Sebenarnya masih coba-coba ya mas, tapi ini sih sudah mau ke arah ketemu. Overlap kita bikin di 3.2 Ex dan 3.1 in. Nafas jadi pendek dan buat motor bisa ketemu tenaga puncak sebelum kena Limitter,” ujar Andri Bol, yang ditemui di Sirkuit Sentul Karting, 16 Februari 2024.

“Menyeimbangkannya lewat profil kem yang kita bikin lebih gemuk dan tinggi. Makanya lift bisa sampai 9,3mm. Proses buka tutup klep juga jadi sikit lebih lama, otomatis tenaga atas tetap dapet,” sambung mas Bol yang mengaku Settingan gigi rasio motor-motornya juga diringankan.

Angka Limitter yang hanya di 14.300 RPM dijelaskan juga oleh Andri Bol. Ini berhubungan dengan angka statis dan dinamis tadi bro.

“Kita program di 14.300 rpm, pasti saat turun gigi atau saat kena Limitter pun masih bisa melebihi. Biasanya ada miss 100-200 rpm. Makanya jadi pas banget kan di angka segitu. Tapi dengan Settingan rasio sekarang pun lebih jarang kok terkena Limitter,” lanjut Bol lagi.

“Untuk time hari ini masih di angka 54 detik bersih. Itu karena ada beberapa perubahan saja. Menurut saya juga karena tadi pagi kurang kondusif. Tapi udah positif, karena bisa disyukuri dengan racikan baru dan ketemu time segini, itu boleh dibilang hasil baik,” pungkas Bol.

Ngomong-ngomong, mereka juga sempat kehabisan ban belakang. Jadi memang Fahmi Basam pakai ban yang sama dari sesi latihan siang sampai sore.

Itu bisa jadi, salah satu hal yang mempengaruhi time itu. Namanya ban udah mau habis, pasti sangat riskan kalau dipaksa bro. Adanya justru rugi kalau sampai cium mesra aspal Sentul.

Mantap deh!

RAIDER