ECU BRT Wajib Pakai di Kelas Rookie 2024! Ngomong Efeknya, Gendut: Gak Ngaruh Malah Simpel

Maniakmotor.com – Dahulu, kelas Rookie bebas pakai ECU apapun. Tapi sekarang, kudu pakai merek lokal BRT. Pastinya berbeda, tapi kalau kata Gendut gak ngaruh tuh.

Ini dijelaskan Gendut atau Widya Krida Laksana dari GDT Racing. Kebetulan doi bisa cerita banyak. Kan anaknya, Danadyaksa Wida Pangestu udah pakai ECU tersebut di kelas Beginner 2023.

Menariknya, enggak ngaruh di sini adalah kalau melihat esensi kelas Rookie. Menurut Gendut, kelas itu lebih fokus pada pengembangan joki.

Bukan riset motor habis-habiskan, yang tiap seri bongkar sana sini. Menurutnya, kelas Rookie atau Beginner itu hemat. Apalagi Limitter cuma 12.000 RPM.

“Untuk Limitter segitu, aman banget mas. Enggak pernah ada kendala di mana-mananya. Jadi kalau menurut saya, harusnya enggak terlalu pengaruh,” ujar Gendut.

“Apalagi di kelas ini, kan fokusnya sama pembalap. Kalau oprek mesin, saya malah gak pernah. Apalagi mapping untuk BRT, palingan saya cuma ganti gir aja, hahaha,” sambung Gendut sembari tertawa.

Sangking simplenya, sampai gak dimapping tuh bro. Artinya cuma minta basemap terbaik dari BRT aja. Lalu silahkan sampeyan pakai motornya kayak untuk harian.

Juken Pro 5

“Kalau saya gitu ya, kirim motor ke BRT di Sentul. Lalu dicoba, dan mereka yang mapping juga. Habis itu ya udah mas, satu tahun penuh pakai ECU BRT tanpa dimapping,” ujarnya.

“Jadi ya sebenarnya simple mas kelas ini. Enggak perlu dibawa pusing hehe. Kan tujuannya mengembangkan pembalap. Jadi lebih ke jokinya yang diminta untuk menyesuaikan motor,” tukas Gendut yang menerapkannya ke anaknya.

Terus, kalau kalau ngomongin rawan trouble? Bro sendiri boleh tebak lah apa, penulis enggak perlu jelaskan. Karena bisa beda-beda trouble ya di mana.

“Ya itu saya juga sering dengar, tapi sejauh ini saya belum pernah kena masalah itu. Aman-aman aja mas, malah kalau ngomongin fitur sebenarnya juga udah lengkap,” ucap Gendut.

“Tapi kalau di kelas lebih tinggi dan mau ada jaminan, ya pakai Aracer lah, haha,” pungkas Gendut sembari tertawa.

Jadi begitu mas bro… RAIDER