Enggak Semua Motor Wajib ABS, Yamaha: Belajar Ngerem Aja Lah Bro!

Maniakmotor.com – Kalau sampeyan paham cara ngerem motor yang bener, maka ora perlu pakai ABS. Apalagi kalau motornya masih kategori ‘kecil’ seperti Yamaha Lexi LX155, Filano, dan semacamnya.

Begitu sikap Yamaha terhadap wacana Komite Kesalamatan Transportasi Nasional. Itu bro, mereka orang menyarankan agar motor-motor di Indonesia dilengkapi sistem pengaman ABS.

Memang teknik pengereman ini masih banyak juga yang belum lulus. Karena itulah asal muasal ABS ditemukan bro. Padahal, non-ABS juga udah jospar.

Ya, memang bukan berarti ABS enggak penting. Tapi maksudnya tanpa itupun, sudah cukup kok.

“Karena ini fitur keselamatan, pastinya mendukung pengendara dalam mengerem. Tapi dibutuhkan apa tidak, yang ada sekarang tanpa ABS sudah cukup memberi proteksi,” kata Asst. General Manajer Marketing Public Relation PT YIMM, Anton Widiantoro di Jakarta Pusat, Rabu 27 Maret 2024 lalu.

Maksudnya, cukup ke pengendara aja juga bisa mendongkrak keamanan mengerem itu. Ya kali lu hard breaking kayak Marc Marquez, hehe. Pastilah ban bisa kepeleset dan berujung cium aspal.

“Artinya harus didukung edukasi cara mengerem. Safety riding itu perlu walaupun tanpa ABS. Kita kasih edukasi cara ngerem seperti apa, jarak yang aman sebelum biar tidak mendadak pada saat ngerem itukan ada teori dan edukasinya,” pungkas Anton.

Apalagi masih ada kan tuh yang Ngerem pakai rem belakang bae. Pastilah ban jadi ‘nge-slide’ alias ngepot bestie.

Bukan berarti pakai rem depan tok ya ges, kecuali di Sirkuit, hahaha. Memang urusan rem ini harus seimbang dan pakai perasaan.

Kalau lu gimana geis? RAIDER