Ganti Kampas Kopling Motor Kalau Habis, ini 6 Ciri-Ciri Kalau Sudah Tak Layak Pakai!

Maniakmotor.com – Penggunaan motor dengan kopling memang menjadi favorit bagi banyak orang. Namun, sebagian besar dari kita mungkin tak terlalu memperhatikan bagian penting ini: kampas kopling. Padahal, kampas kopling yang sudah habis bisa membuat motor jadi ngadat di tengah jalan. Jadi, penting untuk mengenali ciri-ciri kampas kopling motor yang sudah habis agar bisa diganti sesegera mungkin.

  1. Tenaga Mesin Berkurang Drastis: Salah satu tanda utama kampas kopling habis adalah tenaga mesin yang menurun secara signifikan. Anda akan merasakan motor menjadi kurang bertenaga, karena transmisi tenaga tidak berjalan dengan optimal.
  2. Perpindahan Gigi Disertai Suara Keras: Saat Anda memindahkan gigi, jangan heran jika motor tidak memberikan tenaga yang diharapkan. Bahkan, Anda mungkin mendengar suara berat dari mesin yang gagal mengirimkan tenaga dengan baik.
  3. Putaran Mesin Meningkat: Jika Anda merasa putaran mesin meningkat tanpa didukung oleh percepatan yang sesuai, bisa jadi kampas kopling sudah habis. Akselerasi motor akan terganggu karena bagian ini menjadi licin.
  4. Kickstarter Terlalu Ringan: Ketika Anda menggunakan kickstarter, jika tuas terasa terlalu ringan atau bahkan kendaraan tidak berengkol, itu bisa menjadi tanda bahwa kampas kopling sudah habis.
  5. Selip Kopling: Selip kopling bisa menjadi tanda lain bahwa kampas kopling sudah habis. Meskipun tidak selalu menandakan kampas habis, tapi setidaknya ini bisa menjadi petunjuk awal.
  6. Akselerasi Mesin Menurun: Putaran mesin yang meningkat namun tidak diikuti dengan akselerasi yang memadai adalah tanda lainnya. Anda akan merasakan motor tidak memberikan dorongan yang cukup kuat saat diberi gas.

Itulah beberapa ciri kampas kopling motor yang sudah habis. Penting untuk selalu memeriksa kondisi motor secara berkala agar bisa mengganti kampas kopling tepat waktu dan menjaga kinerja motor tetap optimal. Jadi, jangan abaikan tanda-tanda ini agar motor Anda tetap bertenaga dan aman saat berkendara!D