Hasil Gulf 12 Hours: Walau Tanpa Vale, Tim VR46 Dapat Podium!

Maniakmotor – Meskipun saat ini situasi protokol kesehatan masih cukup rumit di Eropa, namun penyelenggara Gulf 12 Hours dapat mengumpulkan 15 tim di gelaran tersebut. Dimana mereka juga berhasil menggunakan sirkuit Yas Marina, yang ada di Abu Dhabi itu.

Sirkuitnya sedikit ‘domidifikasi’ alias diubah untuk lebih memudahkan tempat menyalip. Sehingga lintasan juga dipersingkat 273 meter dengan total 5,28 kilometer. “Dengan begitu, para pembalap tetap dekat satu sama lain dan membuat balapan yang lebih ketat, serta lebih asyik untuk ditonton pemirsa,” tukas Saif Al Naoimi.

Nah, salah satu yang hadir di sirkuit ini adalah tim VR46, yang seharusnya bersama Rossi. Namun, sang juara dunia 9 kali MotoGP itu terdeteksi positif Covid-19 dan terpaksa harus ‘mengasingkan’ diri alias menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Namun timnya tetap dapat hadir dengan pembalap pengganti David Fumanelli.

Walau dengan pembalap pengganti, siapa sangka tim yang berisikan Uccio, Marini dan Fumanelli dapat tampil kompetitif. Dimana mereka akhirnya mendapatkan posisi ke-3 secara keseluruhan dan di posisi ke-2 di kelas Pro/AM pada perlombaan yang digelar 8, Januari 2022 kemarin itu.

Jalannya perlombaan sengi dan ketat dari awalPada perlombaan 6 jam bagian awal, tim VR46 finish di posisi ke-4, atau satu lap dibelakang tiga pemimpin di depannya, dengan pembalap terakhir dipegang Uccio. Kemudian Luca Marini mengambil alih kemudi, dan harus bergeser ke posisi 6 setelah mengisi ulang bahan bakar.

Mereka sempat kembali ke posisi ke-4 lagi, setelah Furmanelli mengambil alih. Sementara itu, mobil bernomor 66 di depannya masuk ke dalam pit dengan waktu yang cukup panjang. Memberikan kesempatan pada Fumanelli untuk mengambil alih posisi ke-3.

Tiba di satu jam sebelum finish, Fumanelli melakukan tugas terakhir dan mengisi bahan bakar dengan buru – buru. Dan ini menjadi perebutan posisi ke-3 antara tim 46 dan mobil 66 dibelakangnya. Beruntung mobil 66 juga harus berhenti sehingga Fumanelli unggul dengan jarak dua putaran dari mobil tersebut.

Akhirnya tim VR46/Kessel dengan Ferrari 488 GT3-nya itu, boleh bawa possi ke-3 di kelas umum, dan posisi ke-2 di kelas Professional Amateur atau Pro/AM.

Valentino Rossi menonton dari rumah dan memberikan selamatnya pada mereka.

HASIL 

MM

BACA JUGA

MotoGP: Rossi Bukannya ‘Gak Mau’ Jadi Tester Ducati, Tapi?