Honda Makin Serius di WSBK, Layani Iker Lecuona dan Xavi Vierge dengan Mekanik dari Negeri Samurai!

    Maniakmotor – Tahun ini pembalap rookie WSBK Iker Lecuona dan Xavi melebihi ekspektasi semua orang sebagai pendatang baru di dunia balap motor produksi massal. Honda dikabarkan juga akan mendatangkan CBR 1000 versi baru untuk musim 2023.

    Yang tadinya menggunakan duo pembalap tertua di WSBK (2021), sekarang  menggunakan duo termuda WSBK, yakni Iker Lecuona dan Xavi Vierge, pergantian roster pembalap yang riskan itu juga membuahkan hasil yang memuaskan sejauh ini.

    Berada di peringkat ke-5 klasemen, dengan jarak 8 poin dari peringkat ke-4, Iker Lecuona adalah ujung dari tombak HRC dengan total 1 podium di musim 2022 ini.

    Bagi Lecuona, kesempatan balapan di WSBK ini membantunya menemukan gaya balapnya yang natural kembali, berbeda dengan MotoGP dimana pembalap harus menyesuaikan gaya balap dengan motor.

    ”Saya menemukan gaya balap natural saya kembali disini, saya justru suka ketika motor “geser-geser” ketika di tikungan karena saya berasal dari Supermoto, mengendalikan slide dan menggunakannya untuk melaju lebih cepat adalah keahlian saya,” ucap Iker Lecuona.

    Dari segi teknis, Honda juga melakukan beberapa perubahan pada suspensi dan pengereman, seperti mengganti suspensi yang tadinya menggunakan Ohlins jadi Showa, dan pengereman Brembo menjadi Nissin.

    Kedua merk tersebut memang sudah lama berkerjasama dengan Honda, lantaran Honda juga memiliki bagian saham yang besar di kedua perusahaan itu.

    Dedikasi Honda untuk balapan WSBK ini juga sangat besar, terlihat dari mekanik baru yang didatangkan dari Honda pusat di Jepang dan Boss HRC Tetsuhiro Kuwata yang hadir pada test Misano yang lalu.

    “Honda mendengar masukan yang diberikan saya dan Vierge, mereka selalu cepat mengimplementasikan perubahan pada motor untuk membantu kami juara,” tutur Iker Lecuona.

    Lecuona juga menyebut tanda-tanda Honda akan mendatangkan Fireblade yang baru untuk musim 2023. Fireblade baru dari Honda ini lebih mumpuni dan tidak memiliki kekurangan yang dimiliki CBR1000RR-R yang sekarang.  Sepertinya Honda sangat serius menantang gelar juara dunia WSBK.

    BONE
    BACA JUGA

    Jack Miller Peringatkan Pembalap Muda untuk Tidak Ikuti Jalurnya ke MotoGP! Ngenes dan Menderita

    Zarco Sotoy? Sebut Quartararo Merasa Tertekan, Tapi Dibantah Orangnya!