Honda Tetap Paling Laris di 2023 Walau Diterpa Masalah ESAF! Nih Angka Penjualan Motor 2023, Lu Pakai Motor Apa?

Maniakmotor – Kwkwkw, walau diterpa problem rangka ESAF di pertengahan tahun 2023, Honda tetap saja yang paling laris di Indonesia untuk tahun kemarin.

Kaget lah bro, kok bisa ya dominasi itu tetep dipertahankan. Padahal tahu sendiri, kan isu ESAF sempat hangat dan bahkan cukup membuat netizen jadi skeptis dalam membeli pabrikan berlogo sayap burung itu, hehe.

Ngomong-ngo ngomong ini data dari industri sepeda motor di Indonesia yang juga mencatat pertumbuhan penjualan fenomenal pada tahun 2023.

Data terbaru dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia membuktikan peningkatan penjualan sepeda motor mencapai 6,236,992 unit, mengalami lonjakan mencolok sebesar 19,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Rupanya data tarik utama adalah kehadiran sejumlah model sepeda motor listrik yang memukau, bersamaan dengan peluncuran skuter narik yang menggoda dari berbagai produsen terkemuka.

Ngomong Honda, sebagai penguasa pasar, membawa inovasi dengan model seperti EM1 e+ dan EM1 e, yang sukses mengguncang pasar motor listrik.

Tidak hanya dari Jepang, produsen India dan Eropa juga turut bersaing ketat. TVS Ronin dengan desain neo-retro dan Royal Enfield Super Meteor 650 yang membidik pecinta gaya klasik, memberikan variasi menarik di pasaran.

Kawasaki turut berkontribusi dengan kehadiran model ZX-4RR yang sporty dan Ninja e-1, menggebrak segmen motor listrik sport. Kenaikan signifikan ini memberikan semangat baru bagi industri sepeda motor Indonesia.

Berkembangnya teknologi terbaru dan rilis model-model menarik, termasuk Honda Forza dan XL750 Transalp, menunjukkan bahwa tren positif ini diprediksi akan berlanjut di masa mendatang.

Perlu diingat bahwa setelah periode sulit pada 2020, dengan penjualan hanya 3,660,616 unit dari pabrik ke diler, industri ini berhasil pulih dan mencapai angka 6,236,992 unit pada 2023.

Sepeda motor skuter matik tetap menjadi primadona dengan pangsa pasar mencapai 89,73 persen di 2023, disusul oleh motor sport dengan 5,19 persen, dan sisanya diisi oleh motor bebek.

Suksesnya penjualan sepeda motor di Indonesia menunjukkan bahwa pasar terus berkembang dan menarik minat konsumen. Tentu artinya ekonomi di Indonesia sedang membaik.

BTW, kalau lu di tahun 2023 kemarin emang beli motor apa?

Raider