INTIP TIPS BERKENDARA JARAK JAUH SAAT LIBUR LEBARAN

Maniakmotor.com – Momen libur lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau berlibur untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Bagi yang memilih menggunakan sepeda motor, mempersiapkan kendaraan penting untuk dilakukan. Selain itu kondisi fisik pengendara juga harus prima.

Tingginya mobilitas masyarakat pada saat momen libur lebaran tersebut, perlu disertai dengan kesiapan fisik maupun kondisi kendaraan itu sendiri. Apalagi, jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan harus melintasi medan jalan yang beragam.

“Libur lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh, oleh karena itu kondisi fisik harus selalu prima. Menjaga konsentrasi saat berkendara sangat penting, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kondisi kendaraan juga harus dipastikan siap untuk digunakan perjalanan jauh.” papar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

  1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Cek kondisi motor, standar alur ban dan tekanan angin, lalu periksa juga kondisi rem juga harus berfungsi dengan baik. Kemudian cek juga untuk kondisi aki, lampu-lampu dan kelistrikan. Pengecekan sepeda motor sebelum perjalanan perlu dilakukan agar pengendara tenang dan nyaman saat berkendara jarak jauh. Disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi dan manfaatkan diskon atau potongan harga dibengkel resmi Yamaha melalui program Promo RAYA (Ramadhan Bersama Yamaha) yang tersedia untuk pembelian spare part dan aksesoris di seluruh jaringan dealer resmi Yamaha.

  1. Perhatikan Kondisi Fisik

Kondisi jalanan yang padat menjelang lebaran akan mengurangi konsentrasi berkendara, apalagi jika berkendara saat masih berpuasa. Oleh karena itu kondisi fisik harus dipersiapkan dengan matang. Peregangan otot sebelum perjalanan, jangan lupa makan makanan bergizi dan konsumsi vitamin jika perlu. Bawa obat-obatan pribadi dan nomor darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidur yang cukup sebelum perjalanan juga akan membantu menjaga kondisi tubuh dan menghindari kelelahan. Saat berkendara jauh, dianjurkan untuk beristirahat setiap 2 jam untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, jangan memaksakan untuk berkendara tanpa istirahat.

Manfaatkan bengkel jaga Yamaha yang tersebar di 89 titik dan tersebar di wilayah Banten, Bali, DIY Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatra Selatan dan Sulawesi Selatan. Nikmati layanan Bengkel Jaga Yamaha seperti perbaikan dan perawatan sepeda motor, penjualan suku cadang, tempat istirahat yang memadai, beribadah, toilet dan layanan darurat SKY (Service Kunjung Yamaha). Bengkel Jaga Yamaha akan beroperasi selama periode 6 – 12 April 2024 dan buka mulai dari jam 08:00 s/d 20:00. Selain itu, manfaatkan juga Pos Jaga Yamaha yang tesebar di 4 titik di Kabupaten Bandung, Indramayu, Tegal dan Banyumas.

  1. Rencanakan Perjalanan

Perencanaan perjalanan meliputi banyak hal, mulai dari pemilihan rute, tempat pengisian bahan bakar, sampai lokasi istirahat. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan sehingga kita bisa merencanakan perjalanan dengan baik. Saat kondisi hujan, pastikan Anda berteduh ditempat yang aman agar terhindar pengendara lain.

  1. Perhatikan Muatan Kendaraan

Bawa barang secukupnya jika melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor dan berkendara tidak lebih dari dua orang. Kelebihan penumpang menyebabkan sepeda motor lebih sulit untuk dikendarai dan jarak pandang kurang maksimal. Oleh karena itu selalu patuhi peraturan lalu lintas. 

  1. Gunakan dan Siapkan Kelengkapan Berkendara Sesuai Standard

Gunakan safety gear yang lengkap, sepatu yang nyaman untuk perlindungan kaki, jaket, jas hujan dan sarung tangan. Jangan lupa untuk membawa dokumen berkendara seperti SIM & STNK.

  1. Pastikan Tempat Tinggal Aman

Berkendara jarak jauh mengharuskan kita meninggalkan rumah atau tempat tinggal dengan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu sebelum berpergian kita juga harus mematikan alat elektronik yang tidak digunakan, matikan air dan pastikan kompor sudah padam. Pastikan kunci pintu dan jendela rumah, serta Anda juga harus melapor ke RT/RW setempat. Jika Anda juga meninggalkan kendaraan di Rumah, pastikan cek aki, kelistrikan dan bensin dari kendaraan Anda. Akan lebih baik jika bensin terlebih dahulu dikosongkan sebelum ditinggalkan.

Demikian beberapa tips berkendara selama libur lebaran bersama Yamaha, semoga dapat memberikan panduan demi keselamatan bersama.