Jalan Layang Casablanca Ditutup Permanen untuk Speeding! Sebenarnya Banyak Opsi Tempat Lain?

Maniakmotor.com – Speeding, itu bahasa gaulnya. Kalau ngomong formalnya ya ‘balap liar’. Tak bisa dipungkiri adalah aktivitas membahayakan. Taruhannya nyawa, ya pasti beda dengan di Sirkuit. Ini ngomong jalan raya yang memang didesain untuk lalu lintas umum.

Misalnya jalan layang Casablanca, siapa sih yang gak kenal dengan rute tersebut. Buka IG dikit aje langsung nongol tuh Ngabers Speeding yang pamer top speed. Ada juga yang pamer sebagai pemimpin terdepan, bahasa gaulnya ‘imam’, haha.

Gak kaget di awal bulan April 2024 ini, Polda Metro Jaya menutup kawasan tersebut mulai pukul 00.00-04.00 WIB. Efektif? Itu kita tinggal tunggu waktu saja. Tapi ngomong-ngomong, opsi lainnya sempat dibocorkan salah satu tokoh ‘speeding’ tadi.

Panggilannya Ngab Prims, beberapa kali juga sempat bertemu dengan portal ini di agenda otomotif. Menurut doi, ada banyak pilihan tempat ‘speeding’ selain Casablanca.

“Monas tiap hari ada mint, kwkw. Kalau Gunsar banyak 2 tak. Monas Mx King sama Matic. Nah kalau Casblanca sendiri biasanya juga matic, bebas deh pilih mana,” tutur doi ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Catatan: Bukan bermaksud mendukung atau tidak mendukung. Artikel ini hanya mengungkap fakta yang terjadi di lapangan.

Buktinya memang aktivitas speeding tadi tetap terlaksana tuh di lokasi selain Jalan Layang Casablanca. Mungkin saja bisa dijadikan opsi lain pada 1-15 April 2024 ini?

Oh iya, ngomong tanggal 1-15 April 2024 tersebut, Polda Metro Jaya (PMJ) sedang melakukan uji coba tutup permanen Jalan Layang Casablanca.

“Selama ini, JLNT Casablanca sering dijadikan lintasan untuk balap liar yang berpotensi terjadi kehilangan nyawa. Pelanggaran dan aksi balap liar yang dilakukan para pengendara sepeda motor itu juga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Intinya, selama uji coba 14 hari ke depan, kepolisian akan melihat efektivitasnya untuk selanjutnya dievaluasi.

Setelah berlaku efektif untuk menghalau pengendara roda dua, akan dilakukan penutupan permanen pada malam hari.

Dicatat bro, akan ditutup permanen ya. Alasannya juga logis, dengan meninjau grafik JLNT Casablanca di bawahnya yang melandai mulai pukul 09.00.

”Dengan demikian, pada malam hari tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, khususnya untuk yang melakukan balapan liar,” pungkas Arifin.

Kalau menurut lu, gimana nih bro?

RAIDER