Jelang MotoGP Le Mans 2020: Shinichi Sahara, ‘Mbahnya’ Korekan Suzuki GSX-RR Joan Mir..!

ManiakMotor – Kalau disebut pemimpin proyek Suzuki di MotoGP, itu sudah mbahnya motor bakar, mesin MotoGP pula. Namanya Shinichi Sahara, teknisi yang insiyur melakukan pembaruan teknologi pada GSX-RR. Dampaknya positif, Joan Mir dan Alex Rins naik podium bersama di GP Catalunya lalu. Itu terjadi di Suzuki setelah 13 tahun lalu.

Rins dan Miir naik podium bersama di Catalunya

Bukan itu saja, Sahara bisa meracik GSX-RR pas sekali dengan karakter Mir. Ada buktinya dengan konsisten dan konstan pada daya tahan mesin dan ban. Tentu juga nggak bikin fisik Mir terkuras. Walau belum bisa menyerang di single lap seperti kualifiaksi, namun ketika lap banyak, tenaga dan ban pas pas. Fakta, Mir dapat hasilnya ketika lawan ‘kritis’ fisik, tenaga motor dan ban. Makanya Mir saat ini berada di posisi kedua klasemen.

“Skema pengembangan step by step pada GSX-RR 2020 seperti yang ditargetkan,” terang Sahara yang jujur bilang awalnya prioritas pada Rins, karena dia pembalap nomor satu Suzuki 2020. Sayang dia cidera di awal serial 2020. Maka yang muncul adalah si Mir.

Itu pun Sahara terbentur peraturan mesin MotoGP nggak bisa dibongkar seenaknya ketika serangan Covid-19. Untungnya lepas dari serial 2019, mesin GSX-RR 2020 telah siap. Tinggal penyesuaian rangka, suspensi dan elektronik yang 2020 diizinkan diutak-atik.

“Semua pembaruan membuat GSX-RR 2020 lebih baik. Contoh, di sirkuit yang 2019 Suzuki bermasalah, tahun ini bisa diatasi. Tentu kami akan berusaha dan terus melakukan pembembangan. Sasaran Suzuki ke depan dan berkonsentrasi menang. Kami ingin menuliskan sejarah,” terang Sahara yang sebut menang alias juara, maklum sejarah Suzuki terakhir juara tahun 2000 lewat Kenny Roberts Jr.

Shinichi Sahara mbahnya Suzuki GSX-RR

Prinsip sederhana umumnya teknisi balap motor termasuk Sahara, nggak pernah puas dengan performa GSX-RR. Di pabrik si Suzy di Jepan, Sahara bilang tak pernah berhenti memutar otaknya untuk meningkatkan GSX-RR.

“Biar bagaimana pun, GSX-RR saat ini lemah pada kecepatan penuh untuk single-lap. Misalnya saat kualifikasi (qualifying) untuk Q2, GSX-RR harus ditingkatkan kecepatannya, agar mencapai posisi awal yang lebih baik. Jika tidak, Mir dan Rins akan kehilangan terlalu banyak waktu saat persaingan ketat di lap-lap awal balapan. Kami  tidak pernah meragukan Mir dan Rins,” tutup Sahara yang artinya GSX-RR yang perlu ditingkatkan agar ngelawan saat kualifikasi.

Coba lagi di Le Mans bos, minggu ini. Bon

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Jelang MotoGP Le Mans 2020: Poncharal Prihatin Pada Cuaca, Kan Memang Tahun Aneh..!

MotoGP 2020: Tes Portimao 7 Oktober, Rossi & Mir Bergabung Pakai Motor Produksi..!

Jelang MotoGP Le Mans 2020: Dovizioso Konsentrasi Seri Berikutnya, 6 Ducati Di Lintasan..!

MotoGP: Kontrak Rossi Hanya 2021 Dengan Petronas, Isu Tak Percaya Kemampuannya?