Jelang MotoGP Mandalika: Kesalahan Desain Aspal, Harus Siap Sebelum 10 Maret Sebelum Batal!

Pengaspalan Ulang Mandalika, Sumber: Instagram Sirkuit Mandalika

Maniakmotor – Permukaan aspal Mandalika menjadi viral bukan hanya karena pemandangannya yang memukau. Namun, juga karena aspal yang mengangkat hingga menjadi peluru yang melesat kemana – mana. Tentu saja ini mengundang banyak komentar, baik dari para pembalap hingga petinggi Dorna.

Pasalnya motor MotoGP melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi. Kecepatan tertinggi di Mandalika dipegang Zarco diangka 315km/jam. Banyak sektor yang walaupun membelok, tetap memaksakan para pembalap untuk melaju dengan kencang.

Nggak kaget ketika melihat tangan Bagnaia sampai bengkak, lebam terkena kerikil sirkuit tersebut. “Bayangkan yang terjadi ketika di balapan, ketika anda dalam berkelompok. Jika salah satu dari batu ini terlontar ke radiator, pastinya akan bolong,” tutur pembalap Italia itu.

Lengan Bagnaia terkena proyektil aspal Mandalika

Di GPOne, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta juga mengaku ada kesalahan bahkan mengatakan, “jelas ada kesalahan desain aspal di beberapa bagian sirkuit,” terang sang boss.

Waktu hampir habis, karena MotoGP Indonesia dijadwalkan pada 18-20 Maret atau sekitar 20 hari dari sekarang. Petugas keselamatan FIM, Franco Ucini meminta agar pengaspalan dilakukan dari tikungan ke-16 sampai ke-7.

“Kami menargetkan untuk selesai sebelum tanggal 10 Maret. Nanti FIM dan Dorna akan memberikan penilaian terkait homologasi,” tutur  Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

Terlihat tenaga kerja asing dari MotoGP juga ikut membantu dalam pengaspalan ulang di sirkuit tersebut.

MM

BACA JUGA

MotoGP: Franco Morbidelli Pesimis di 2022, Sebut “Saya Bukan Idiot”!

Road Race IMI DKI Jakarta, Sentul 2022: Ramadhipa Dominasi Kelas Rookie di Cuaca Hujan!

Road Race IMI DKI Jakarta, Sentul 2022: RX King Knalpot Bebas, M. Nurgianto Juara, Disusul Rere!

 

BAGIKAN