Jelang MotoGP Valencia-2: Posisi Joan Mir Bila Juara Dunia, Tetap Fokus Konstan..!

ManiakMotor – Tulisan sebelumnya Joan Mir Dibantu Tangan Tak Terlihat adalah sisi lain selangkah lagi Mir juara dunia. Aslinya Mir sampai mempin klasemen adalah konsisten, begitu salah satu pembaca memprotes tulisannya. Itu paling benar. Tapi ingat Tangan Tidak Terlihat itu membuat konsisten Mir makin ada paedahnya.

Untuk itu, Mir unggul 37 point dari Alex Rins (Suzuki) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) agar ringan menghitungnya dipastikan juara dunia di Valencia kedua 15 November 2020. Mir cukup naik podium, tidak peduli posisi Rins dan Quartararo atau pesaingnya. Mir cukup urutan ke-4, ke-5 atau ke-6 dan Quartararo atau Rins tidak menang. Mir ke-7 dan Quartararo, Rins atau Maverick Vinales tidak menang.

Mir ke-8, 9, atau 10 dan Vinales tidak menang, ditambah Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik dari ke-3. Mir  ke-11 dan Vinales, Franco Morbidelli atau Andrea Dovizioso tidak menang, dan Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik dari ke-3. Mir ke-12, ke-13 atau ke-14 dan Morbidelli atau Dovizioso tidak menang, Vinales tidak finis lebih baik dari ke-3, dan Quartararo dan Rins tidak naik podium.

Mir ke-15 dan Morbidelli atau Dovizioso tidak menang, Vinales tidak finis lebih baik dari posisi ketiga dan Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik ke-5. Mir gagal cetak poin dan Morbidelli serta Dovizioso tidak finis lebih baik dari posisi ketiga, Vinales tidak finis di podium, Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik dari posisi kelima.

Pembalap Suzuki itu menegaskan, kepemimpinannya tidak didapat seperti membalik telapak tangan. Termasuk saat podium pertama di Valencia pertama pada Minggu lalu, “Perasaan luar biasa boleh memimpin klasemen. Tapi saya tidak terima begitu saja. Ke depan, penting tetap fokus pada pekerjaan,” jelas Mir sembari bangga rekan setimnya Rins berada di posisi 3 klasemen.

Merawat alur bermainnya seperti yang dia tampilkan setiap kali laga yang konstan tadi, Mir punya cara, “Seperti yang saya lakukan rutin. Setiap usai balapan keluar sebentar menghabiskan akhir pekan. Kemudian balap lagi dan lihat apa yang terjadi ketika bendera bendera finish dikibarkan,” tegas Mir tanpa mengubah polanya walau sudah memimpin satu rode lebih.

Balapan di Valencia kedua, Mir tetap berdoa kering, walau cuaca saat dengan mudah berubah. Fakta saat Valencia pertama, GSX-RR bagus sekali lajunya. Di Valencia pertama juga, Mir saat Sabtu memprediksi kering seperti ramalan cuaca di sana. Ramalan yang sama akan memprediksi akhir pekan ini lebih kering lagi.

Maka tunggu saja Mir merayakan juara dunianya, kendati masih tersisa satu balapan di Portimao, Portugal. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Pasca MotoGP Valencia-1 2020: Juara Joan Mir Dibantu ‘Tangan-Tangan’ Tidak Terlihat..!

MotoGP 2020: Iannone Akan Melawan Arbitrase, FIM Menyangkan Bandingnya

Jelang MotoGP Valencia-2 2020: Alex Rins Bijak Soal Juara Dunia, Cuma Mau Berjuang..!

 

 

BAGIKAN