Jelang Race MotoGP Austria-2: Joan Mir PEDE Dengan Ketahanan! Waktu Tercepat Bukan Poin Utama Dalam Balapan!

Maniakmotor – Hari kualifikasi kemarin tidak sesuai dengan harapan dan dugaan Suzuki. Joan Mir yang minggu lalu naik ke atas podium ketiga itu, harus memulai start dari posisi ketujuh di barisan ketiga. Tentu artinya Joan Mir harus menaklukkan barisan pembalap Ducati yang mendominasi starting grid di depannya.

Joan Mir sendiri juga berekspetasi hasil yang lebih bagus. “Kemarin adalah hari yang lebih rumit dari dugaan saya dan jauh dari yang saya harapan. Suhu lintasan tidak seperti pagi hari, di siang hari saya memiliki banyak masalah terutama pada grip ban belakang.” Jelas Mir memberikan alasannya pada sesi kualifikasi kemarin.

Tentu saja Joan Mir yang selalu tiba-tiba muncul di posisi podium itu tidak pernah menyerah walau dari starting grid yang agak jauh. “Karena kami masih memiliki catatan waktu yang cukup kompetitif untuk bertarung di posisi podium, dan tentu saya akan memanfaatkannya sebaik mungkin.” Sebut sang juara dunia tahun 2020.

Joan Mir juga mengingatkan para wartawan dan dirinya sendiri, “Bahwa kebut-kebutan di situasi qualifying practice atau free practice dengan mempertahankan kecepatan konstan saat balapan adalah dua hal yang berbeda.  Selain itu saya berkendara dengan kecepatan yang kurang lebih sama dengan grup terdepan, tentunya hal ini juga akan menjadi motivasi saya untuk mencoba masuk ke dalam posisi podium pada hari esok.” Papar Mir yang memang sangat terkenal akan konsistensinya lap demi lap, hingga sering berakhir di posisi podium.

Namun Joan Mir mengakui, bahwa strategi menghemat ban ini sudah bukan jadi taktik utamanya lagi. “Karena belakangan ini strategi tersebut sudah tidak terlalu berhasil, dimana kami menjadi kalah dalam akselerasi dengan pabrikan lainnya. Namun kami sudah mulai mengatasi masalah ini walaupun belum 100%.” Tutup Mir yang sedikit membocorkan rahasia Suzuki itu.

Raider

BAGIKAN