nhk

Jelang Race MotoGP Inggris 2017: Rossi Hanya Targetkan Podium Ketiga, Waduh…Ada Apa Ini?

Rossi, Silverstone, motogp

ManiakMotor – Start dari posisi kedua, tentu jalan mulus buat Rossi untuk menghadiahkan partisipasinya ke-300 di motogp. Bayarannya adalah kemenangan. Apalagi, selisih waktu dalam kualifikasi sama Marquez sebagai tercepat hanya 0.084 detik. Kalo di kelas para ‘raja’ selisih itu setipis ‘sehelai rambut’.

Di luar dugaan, The Doctor malah tidak yakin bisa memenangin balapan ronde ke-12 di sirkuit Silverstone, Ingggris, hari ini (27/8). Katanya, paling tinggi dirinya akan bertarung untuk posisi ketiga. “Start posisi kedua cukup mengejutkan, saya sedikit bermasalah,” ungkapnya. Nah, lo!

Apa masalahnya? Yamaha M1 nya selalu menderita di sektor empat. Di daerah itu, roda terlalu banyak berputar di tempat alias spin. Akibatnya, sulit membawa kecepatan yang baik. “Tapi, agak mengejutkan karena saya bisa memperbaiki putaran 0,8 detik dengan hasil 2:00.025. Fantastis,” ujarnya yang hampir berlari di bawah 2 menit untuk seukuran umur dia melaju kencang pada semua sektor.

Padahal, saat FP3 perasaan Rossi sama motor dan lintasan sangat buruk. Makanya, ia terjerembab di urutan ke-11 dan naik kesembilan di FP4. Saaat kualifikasi dirinya pun minta dipasangi ban lembut (soft) dan hasilnya baik.

Tak berarti, saat balapan nanti kemungkinan besar pakai lembut. Masalah krusial M1 dengan degradasi ban belakang belum teratasi dengan baik. Rosssi merasa aneh, ketika di rangkaian balapan paruh musim pertama tidak begitu buruk. Justru masuk paruh kedua sangat keras sekali. Kalo melirik pada pembalap Zarco, jelas beda dalam spek motor, bobot pengendara dan gaya balap.

Kemudian, ketika dirinya sudah merasa nyaman dengan motor dan menjadi referensi, saat dijalankan malah beda. Ia mengambil contoh dari hasil tes di Misano saat dilakoni di FP1. “Paling tinggi saya berjuang untuk melangkah ke podium ketiga. Marquez dan Crutclow, dua atau tiga persepuluh lebih cepat dalam hal kecepatan. Saya sendiri berada di belakang mereka bersama kelompok besar,” tutup Rossi yang mungkin berpikir M1 hasil tes Misano belum menjanjikan untuk awet-awetan ban. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-silverstone-inggris-25-27-agustus-2017-moto3-dan-moto2/

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353