nhk

Jelas Tes MotoGP Sepang: Ducati Siapkan Kejutan Dari Dalam Topi Sulap!

Maniakmotor – 5 Februari 2022 mendatang, pengujian offseason yang sudah ditunggu – tunggu para penggemar MotoGP akan hadir di Sepang. Jangan salahkan Ducati bila jadi pusat perhatian netizen, terutama karena mereka selalu hadir dengan inovasi ‘out of the box’-nya.

Gelar konstruktorpun bukan gelar semata, melainkan bukti nyata bahwa mereka memang tampil apik di tahun 2021 itu. Dimana, bukan hanya Bagnaia dapat runner-up dan nyaris Juara dunia, namun seluruh pembalapnya (kecuali Marini) merasakan podium di tahun yang sama.

Eh, ternyata 2020 dan 2021 saja masih bukan potensi penuh inovasi dari Ducati. “Tahun itu pabrik dibekukan, jadi kami tidak bisa mengutak – ngatik mesin. Oleh karena itu kami memaksimalkan inovasi non mesin, seperti winglet, aero, dan berbagai teknologi lainnya,” tukas Paolo Cibatti Direktur Sport Ducati Corse yang sudah senyum – senyum menjelang uji coba Sepang.

Nah, yang pasti tahun 2022 ini akan ada pembaharuan mesin, namun tidak merusak perkembangan non-mesin yang sudah dijalani selama ini. “Kebetulan kami dengar yang lain juga akan merubah mesin, ini juga berlaku untuk kami. Tetap saja semua yang telah kami pelajari selama musim 2021 akan tetap berada di hati,” senyum Ciabatti dengan santuy.

Memang terkesan hampir tidak ada yang bisa diubah lagi dari segi aerodinamis. “Itu kami akui, karena motor yang kompetitif cenderung susah untuk diperbaiki lagi. Bagaimanapun, kami selalu bisa mengeluarkan hal – hal hebat dari topi para teknisi kami,” lanjut Ciabatti membuat penasaran.

Lantas, apa kejutan dibalik ‘topi sulap’ itu? “Tunggu saja, yang pasti seperti tahun demi tahun, ini akan menjadi kejutan yang membuat kami meningkat selangkah lagi,” tutup Ciabatti.

Tentu ini akan menjadi ancaman bagi pabrikan lainnya, jangan sampai tertinggal Ducati yang sebenarnya hanya berkembang selangkah demi langkah.

MM

BACA JUGA 

WSBK: Panigale V4 Nyaris Sempurna, Alvaro Bautista Langsung Lupakan Sengsara di Honda!

MotoGP: Petrucci Melamar Valentino Rossi Ke Dakar, Pasangan Balap Mobil!