Joan Mir Tidak ada Plan B, Harus Bareng Honda atau Nganggur di 2023! Ditolak Mentah-Mentah Tim Lain

    Maniakmotor – Masih menjadi misteri tahun ini mengapa Honda tetap menutup kontraknya dengan Joan Mir. Kendati sudah banyak desas-desus antara kedua belah pihak, namun Joan Mir belum menandatangai kontraknya.

    Mengenai hal ini, Paco Sanchez sang manajer pribadi Joan Mir tentu yang paling mengerti tentang masalah tersebut. Pria asal Mallorca, Spanyol tersebut sendiri mengaku bahwa saat ini tidak ada plan b (rencana cedangan) untuk Joan Mir selain Honda.

    Jika zonk di Honda, maka doski otomatis akan turu di rumah pada musim 2023 mendatang. Pasalnya, gerbang kontrak di pabrikan lain sudah tertutup rapat, baik Ducati, Yamaha, dan tentunya Aprilia (pabrikan).

    Ketika mencoba bernegosiasi dengan tim selain Honda, doski mengaku ditolak mentah-mentah.

    “Saya sudah berbicara dengan beberapa bos dari tim besar, misalnya Lin Jarvis yang mengatakan bahwa mereka sudah deal dengan Morbidelli hingga 2023,” kata Sanchez.

    “Sementara Ciabatti mengatakan bahwa timnya tidak memiliki filosofi yang sama dengan kami atau Joan Mir. Mereka tidak akan membuka sesi negosiasi sama sekali tentang kontrak Joan Mir,” tutur Sanchez.

    Masalahnya, standard Joan Mir sedikti tinggi sebagai seorang mantan juara dunia MotoGP di tahun 2020.

    Dengan demikian, tim satelit tentu bukan pilihan yang menurut Sanches menggiurkan. Ketika ditawarkan untuk masuk ke dalam tim satelit Aprilia, justru Sanchez yang menolak mentah-mentah.

    “Saya sempat berbicara dengan Massimo Rivola sebelum kontrak Vinales dan Aleix diumumkan. Tapi, saya justru ditawarkan tempat di tim satelitnya. Dari sana, saya langsung berpikir dua kali, karena tim pabrikannya saja masih dalam jatah konsesi,” tutur Sanchez.

    “Dengan demikian, saya rasa pilihan paling menarik hanyalah Honda. Tim itu kuat, mereka selevel dengan Real Madrid atau Barcelona bila kita berbicara tim bola liga Spanyol. Karena itu, wajar saja bila mereka belum meresmikan kontraknya dengan Joan Mir,” ujar Sanchez.

    Dalan hal ini, Sanchez ingin menggaris bawahi bahwa kontrak Joan Mir yang belum ditanda tangani oleh Honda hanya karna masalah administrasi.

    Administrasi di sana pastinya jauh lebih ribet ketimbang tim-tim kecil seperti Aprilia satelit. Banyak yang perlu memutuskan, bukan hanya Puig saja, namun sampai kepada bos-bos Jepang di markas besar Honda.

    Raider
    BACA JUGA

    Dicengin Kenan Sofuoglu? Mantan Juara Dunia 5 Kali WSSP, Sebut Kawasaki Butuh Motor Baru!

    Sempat Diprotes Pada Tahun 2017! Tikungan ke-11 Sachsenring Sembuh dari Penyakit ‘Tikungan Berbahaya’