Kalah di Kandang Sendiri tetapi Tetap Dipenuhi Dukungan Garis Keras dari Negara, Begini Tanggapan Miguel Oliveira di MotoGP Portugal 2024!

Maniakmotor.com — Kampung kelahiran pembalap Trackhouse Racing Aprilia, Miguel Oliveira, menjadi tuan rumah di MotoGP putaran kedua kemarin, Sirkuit Portimao, Portugal. Meski, akhirnya doi hanya mentok di posisi ke-9 pada balap utama. Oliveira tetap menerima dukungan tak ada habisnya bro dari berbagai kalangan di Negaranya sendiri. Nasionalis abis!

Kalah ataupun menang ternyata tak jadi penghambat Oliveira dipenuhi dukungan dari para fans negara asalnya tersebut. Yap, sampai Minggu (24 Maret 2024) kemarin pun, fans garis keras doi dari akamsi Portugal, mencapai 174.614, amat bertambah bila kita bandingkan dengan sebelumnya.

Sebelumnya, pembalap berusia 19 tahun tersebut hanya tempati posisi ke-15 di Q2. Sampailah doi di urutan ke-11 saat sprint race. Dan akhirnya progress Oliveira untuk berkembang terlihat nyata. Ketika doi menyabet posisi ke-9 di sesi balap utama Portimao.

Kilas balik, Oliveira kala itu sedang merebutkan posisi ke-6 yang paitnya berhasil dicapai oleh sang pembalap VR46, Marco Bezzecchi. 

“Tidak apa-apa. Bisa saja saya kala itu meraih posisi ke-6, tapi saya terlalu dekat dengan Bezzecchi di tikungan pertama, saat dia berhenti di sebelah saya dan mendorong saya ke sisi kiri trek,” ungkap Oliveira, dilansir dari Crash, Kamis (28/03-2024).

“Saya mengerem di atas trotoar, langsung melaju dan kehilangan tiga posisi di sana. Tapi sampai saat itu, setidaknya saya bisa bertarung. Saya melakukan start dengan baik, juga melakukan lap pembuka yang bagus dan menyalip dua pebalap Yamaha. Jadi tidak terlalu buruk,” sambung doi lebih lanjut, bak percaya diri.

Tak luput dari itu, Oliveira juga menyinggung  perihal konstribusi dukungan Negaranya sendiri yang mendorong dirinya lebih termotivasi bersaing.

“Sedikit tekanan karena semua orang meneriakkan nama Anda. Tapi itu bagus karena setelah ini saya tidak berpikir bahkan [berjuang] untuk kejuaraan dunia akan menjadi tekanan yang lebih besar dari ini… kecuali jika itu terjadi di sini! Tapi ya, itu sangat keren.” Tutup doi di akhir wawancara.

-XiuXiu-