Kampas Rem Brembo vs Standard! Leon Chandra Pilih Kampas Standard untuk Beberapa Skenario Road Race

Maniakmotor – Kampas rem standard dan Brembo itu karakternya berbeda bro. Beda harga beda kualitas, tapi bukan berarti yang Standard enggak bisa dipakai di Road Race.

Hal ini diungkap oleh Leon Chandra selaku kepala mekanik Racetech yang membeberkan rahasia keduanya. Terutama dalam karakter yang membuat Leon tetap memakain kampas rem standard di skenario tertentu.

“Jelas untuk kampas rem Brembo harganya jauh mahal. Begitu juga tingkat kepakemannya, dia punya karakter yang sangat menggigit disc brake,” ujar Leon ketika ditemui di Sentul, 31 Desember 2023.

“Sementara kalau kampas rem standard tentu lebih murah. Dan tingkat kepakemannya juga biasa aja, ya kayak harian biasa,” sambungnya.

Terus, kenapa doi masih pakai yang standard di Road Race? Rupanya skenario tertentu itu adalah seperti ketika hujan bro.

“ kalau hujan, akan lebih resiko bila kita memakai Kampas rem yang dari brembo. Karena dari brembo ini dia sangat menggigit dan bisa membuat pembalap kaget,” tuturnya.

“Nah Kampas standard, karena karakternya tidak terlalu gigit tadi, Resiko pembalap salah mengerem justru berkurang. Kalaupun kaget saat pengereman di kondisi aspal yang basah, akan lebih minim terjadinya mengunci,” pungkasnya.

Maksudnya ngunci, adalah ketika ban depan berhenti sepenuhnya. Yang justru menciptakan ban depan kehilangan traksi dari aspal dan berujung low side bro.

Kalau lu pakai kampas rem apa bro?