Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi 155: Mesin Baru, Penampilan Berubah, dan Tantangan Perlawanan

Maniakmotor.com – Pertarungan di segmen skuter matic 150-160 cc semakin memanas sejak Yamaha meluncurkan All New Lexi, kini dengan mesin 155 cc. Lexi LX 155 hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan motor dengan kesan premium, performa lebih unggul, dan tetap praktis.

Kelebihan:

  1. Mesin Baru yang Mengagumkan: Lexi LX 155 dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru, menggunakan teknologi VVA untuk meningkatkan performa dengan minim vibrasi dan gesekan. Dengan tenaga maksimum 11.3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum 14.2 Nm/6500 rpm, motor ini menawarkan akselerasi yang lebih bertenaga dan responsif.
  2. Bobot Ringan dan Posisi Duduk Nyaman: Dengan bobot 116-118 kg*, Lexi memberikan kelincahan saat dikendarai dan mudah diparkir. Desain flat footboard dan jok yang lebih rendah dan ramping menambah kenyamanan pengendara.
  3. Desain Futuristik: Dengan aksen sudut tajam dan desain berisi yang sporty dan elegan, Lexi mendapat wajah baru yang menarik. Lampu LED yang terang dan full LCD speedometer memberikan tampilan modern.
  4. Fitur Canggih: Dari Handlebar Switch Control hingga Smart Key System dan fitur Stop & Start System, Lexi LX 155 dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk memudahkan pengendara dalam pengaturan dan komunikasi.

Kekurangan:

  1. Tangki dan Velg Versi Lawas: Meskipun telah mengalami peningkatan pada berbagai aspek, Yamaha mempertahankan velg dan tangki bensin dari versi sebelumnya. Dengan kapasitas tangki 4,2 liter, Lexi kalah jauh dari Vario 160 yang memiliki tangki 5,5 liter.
  2. Desain Velg yang Tetap: Yamaha belum melakukan perubahan pada desain velg Lexi, yang masih menggunakan rem tromol di roda belakang. Meskipun rem ini terkenal pakem, namun di tengah kompetisi yang semakin ketat, opsi rem cakram menjadi kebutuhan.
  3. Konfigurasi Single Shockbreaker: Lexi menggunakan single shockbreaker, meskipun beberapa netizen mengharapkan double shockbreaker seperti pada Aerox atau NMax. Namun, konfigurasi ini telah menjadi ciri khas Yamaha untuk skuter matic dek rata mereka.

Meskipun demikian, Yamaha Lexi 155 tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan kombinasi performa tinggi, desain futuristik, dan fitur canggih dalam skuter matic premium. Dengan kelebihan yang dimilikinya, Lexi terus menantang para pesaingnya di pasar skuter matic 150-160 cc.