Komentar Brad Binder Soal Posisi Runner Up Doi di MotoGP Qatar 2024: KTM Amat Dekat, Tapi Belum Cukup Kuat Kalahkan Ducati

Maniakmotor.com — Pembalap tim pabrikan KTM, Brad Binder, tampil memuaskan di Grand Prix Qatar kemarin (Minggu, 10 Maret 2024). Pembalap asal Afrika Selatan itu menjadi alasan utama kenapa KTM terpandang sebagai rival potensial untuk dapat kalahkan dominasi Ducati. Dengan RC16 versi 2024 yang ditungganginya itu, doi menyabet posisi ke-2, hanya berbeda 1,3 detik dari Bagnaia yang unggul terdepan.

Meski begitu, Binder menilai pabrikan asal Austria yang kini doi naungi dalam tim, masih belum mampu untuk menggeser posisi terdepan yang saat ini disematkan pada Ducati. Kita tahu, saat ini Ducati sedang jaya-jayanya, dengan pembalap andalan mereka yang Juara Dunia dua tahun berturut-turut, Pecco Bagnaia.

“Saya pikir ini sama seperti tahun lalu. Kami (KTM) sangat dekat, namun kami belum menunjukkan bahwa kami bisa kalahkan Ducati,” ucap Binder dikutip dari Crash (Senin, 11 Maret 2024).

“Bagi saya, saya berusaha 100% sepanjang waktu dengan RC16. Akan tetapi, tetap saja  saya merasa mereka (Ducati) punya beberapa persen lagi di kantong mereka untuk dapat pertahankan posisi unggul,” sambung doi.

Pembalap berusia 28 tahun ini berpandangan bahwa Ducati masih konsisten pertahankan keunggulan yang mereka punya, persis seperti musim-musim sebelumnya. Yap, saat ini pabrikan eropa lainnya KTM maupun Aprilia masih berusaha keras mengejar Ducati yang selalu “nyaris dekat”. Sementara, duo pabrikan Jepang masih ngos-ngosan di belakang, hehe.

Oh iya, ngomongin soal persiapan yang telah dilakukan Binder sampai pada akhirnya meraih posisi Runner Up di Lusail kemarin. Doi memang telah banyak belajar dari sprint race yang telah dilalui dirinya dan tim sebelum Grand Prix 21 lap di Qatar. 

Saat melibas sirkuit dengan kuda besi KTM-nya itu, Binder merasakan ban belakang miliknya terbakar cukup parah di awal dan membuat dirinya perlu lebih cermat menggandakan jarak. Prinsip yang diterapkan doi untuk selanjutnya adalah menggunakan lebih sedikit throttle, lebih banyak rem, serta mencoba untuk tidak membakar ban. 

Entah butuh upaya pengembangan maupun latihan keras seperti apalagi yang akan dilakukan oleh tim KTM. Khalayak pun sudah banyak yang bosan sepertinya melihat Ducati yang tak henti-hentinya mendominasi podium. Namun, yang pasti, Brad Binder telah mengawali musim dengan amat baik dan membawa harapan tersendiri. Doi telah mencetak 29 poin setidaknya, 2 poin lebih sedikit dari yang teratas, Bagnaia. Kita saksikan lagi deh ya, di Portimao, cekidot!

Diva-