Kompor Berjalan Honda Mulai Mereda! Diklaim Marquez Makin Dingin

Stefan Bradl pakai RC213V 2022

ManiakMotor – Pembalap pengganti Marc Marquez, Stefan Bradl melaksanakan uji coba di sirkuit Jerez selama 2 hari pada hari Rabu dan Kamis minggu lalu, uji coba dilakukan di bawah terik matahari dan temperatur panas. Jelas tujuan dari uji coba ini adalah upaya dari Honda untuk mengatasi masalah overheat yang di hadapi pembalapnya pada beberapa seri terakhir ini.

Pada MotoGP ronde German, pembalap asli jerman tersebut bahkan mengalami luka bakar pada bagian kaki kanannya akibat suhu motor yang begitu panas. Sementara dari tim mekanik Pol Espargaro melaporkan suhu permukaan lebih dari 100 derajat celcius pada lengan ayun RC213 setelah sesi latihan.

“Kami melaksanakan test di atas aspal bersuhu 60 derajat celcius, sebagai upaya mengatasi masalah overheat, dan kami berhasil membuat progress untuk masalah ini. Mekanik dari Honda mampu memberikan solusi dari perbaikan airflow bagian bagian dalam motor,” Sebut Stefan Bradl.

Setelah test tersebut Stefan Bradl juga melapor akan lebih sanggup bagi Honda untuk menghadapi  beberapa ronde MotoGP  yang khususnya akan lebih panas seperti Spielberg, Misano, Malaysia, dan Buriram.

Namun, yang menjadi masalah bagi Honda saat ini bukanlah sekedar masalah panas atau overheat. Kesulitan pembalap mengendarai motor untuk meraih lap tercepat, penggunaan ban tipe soft yang tidak optimal, dan race pace yang tidak konsisten menjadi tugas yang numpuk bagi pabrikan sayap tunggal.

Sejauh ini, pembalap pabrikan Honda, Pol Espargaro sudah merengek untuk adanya lebih banyak grip pada bagian belakang motor, sedangkan di lain sisi, Marc Marquez meminta untuk grip ban depan yang lebih baik. Keseimbangan antara kedua permintaan ini tidak pernah terpenuhi oleh Honda sejauh 11 ronde yang ditempuh pada musim ini.

BONE