Loh Kok ada ‘Nmax’ Listrik? Muncul di PEVS 2022, Gak Bakal Dimarahin Yamaha Tuh

    Maniakmotor –  Lucu dan menarik, ada sesosok motor listrik unik yang bentuknya mirip dengan Yamaha Nmax di PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

    Pastinya bukan milik PT.YIMM, namun miulik PT. Artas Rakata Indonesia,  dengan jenis motor ‘Rakata NX3’.

    Well, menarik sih, tapi di saat bersamaan agak mengerikan juga. Pasalnya, kemiripan yang ada di Motor ini dengan Nmax benar-benar dekat.

    Hampir seluruh tampilan body motor memiliki bentuk-bentuk yang sama seperti Nmax pada umumnya.

    Tentu jadi pertanyaan, apakah kira-kira Yamaha akan marah terkait hak cipta dan segala macamnya?

    Ketika ditanyakan ke General Manager Artas Rakata Indonesia, F Djovani, desain dari kedua motor itu sudah direnungkan matang-matang.

    Desain, kita mencocokkan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Maxi di Indonesia banyak menggunakan, dan bentuknya hampir-hampir mirip semua. Dan yang cocok dengan lingkungan jakarta seperti ini, ” ujarnya.

    “Latar belakang, sebelumnya kita sudah mengeluarkan dia produk mini skuter dan medium scooter. Kenapa bentuknya motor listrik itu hampir sama-sama semua. Lalu kita mencoba riset, dan yang dimaui kostumer, ya seperti maxi dan sport,” sambungnya.

    Lantas, apakah desain itu berbahaya karena sangat mirip dengan Nmax?

    “Sampai saat ini aman-ama saja, kami belum pernah dapat tegura dari pihak manapun,” pungkas Djovani.

    Lantas bagaimana spesifikasi motor Rakata NX3? Rupanya cukup irit dengan baterai yang mampu membawa pengendara menepuh jarak 80 km.

    Batterai yang digunakan adalah berkapasitas 72v26Ah, namun tidak bisa dilepas pasang. Dengan demikian, pengisian bahan bakar hanya bisa menggunakan colokan yang tersedia dekat dengan motor.

    Dimensi motor Rakata NX3 yang mirip dengan Nmax, memiliki panjang mencapai 1930mm. Dengan lebar 800mm, dan tinggi 1320mm. Sedikit lebih pendek dari Nmax yang memiliki panjang 1955mm denagn bodi lebih ramping di angka 740mm, dan tinggi hanya mencapai 1115mm.

    Sementara motor penggerak yang digunakan bersistem Brushless DC Motor atau disingkat BLDC. Dengan sistem ini, motor bisa sinkron menggunakan satu daya listrik searah.

    Ban yang digunakan berukuran 120/70 ring 12 di depan maupaun belakang. Agak beda dengan Nmax, yang memiliki ban 110/70 ring 13 di depan dan 130/70 ring 13 di belakang.

    Kecepatan maksimal yang dihasilkan oleh motor BLDC milik Rakata NX3 mampu melesatkan motor hingga 70-75 km/jam.

    Sementara jarak tempuh yang mampu dijangkau mencapai 80km dengan kemampuan menanjak hingga 30 derajat dari sudut kemiringan dataran.

    Spesialnya di PEVS 2022, Rakata NX3 hanya di banderol di bawah angka Rp 40 juta, yakni pada Rp 39.100.000.

    Terdapat dua warna, putih dan hitam pada harga yang sama.

    Raider

    BACA JUGA