Mau Ganti Plat Kopling Racing? Ada Kekurangannya, Walau Kelebihannya Juga ada!

Maniakmotor.com – Aman ya jelas. Tapi namanya pakai part Racing untuk harian, pastilah ada kekurangannya. Wong ‘racing’ ya emang lebih cocok buat balapan.

Bukan berarti kelebihannya gak ada, jelas bakal terasa. Misalnya kalau bro mau pakai plat kopling Racing untuk harian.

Apapun mereknya, selama berbahan steel Alumunium, pasti umurnya lebih pendek dari yang ori. Sebab yang ori berbahan baja, part ori itu emang didesain untuk ketahanan.

Namun kelebihan dari plat kopling Racing ini juga bisa terasa ketika bro cari performa. Bahannya yang ringan dan rongga tak kasat mata yang jadi penyebabnya.

Rongga ini yang buat oli bisa masuk lebih maksimal. Artinya kampas kopling makin mantap mencengkeram plat, atau istilah bengkelnya enggak ‘selip’.

Makin kuat cengkeraman kampas kopling, putaran mesin ke gigi rasio juga tersalurkan makin baik. Ujungnya akselerasi bisa lebih meningkat.

Selain itu, bro yang suka pindah gigi ala balap pasti juga senang. Karena menarik kopling enggak terlalu dalampun, tenaga tetap tersalurkan secara baik ke transmisi.

Walau memang, cara mengganti gigi seperti itu tidak dianjurkan ya. Asalkan siap ganti kampas kopling di bawah 1 tahun sekali.

Balik lagi ke bahan plat kopling Racing. Karena bukan baja, maka umurnya paling panjang ya sekitaran 1 tahun. Kalau pemakaian ekstrem bakal di bawahnya. Misalnya sering ganti gigi setengah kopling tadi.

Beda cerita kalau pakai plat kopling baja standard. Secara brosur bro bisa memakainya sampai 2 tahun atau 24.000km. Asal jangan lupa rajin ganti oli, sehingga plat selalu terlumasi dengan baik.

Tapi ada aja sih yang bilang bahwa plat kopling Racing juga tahan 1 tahun lebih. Balik lagi ke cara penggunaan, hingga jarak tempuh dan seberapa sering motor dipakai.

Paling memakan umur kopling, bro udah tahu kan karena apa. Jelas, kalau sering dipakai macet-macetan maka umur kopling juga akan lebih pendek ketimbang yang jarang macet-macetan.

Nah, begitulah tips kalau bro mau mengganti plat kopling dengan punya kompetisi. Udah siap nanggung beban pikirannya?

Hehe, pastinya kantong juga harus siap karena motor akan lebih cepat minta jajannya, begituu broo.

 

RAIDER