Mekanik Sesat vs Mekanik Jujur, R27 Motor Cikarang: Motor Gak Jelas, Tidak akan Saya Setting! Apalagi Remap

Maniakmotor.com – Namanya dunia perbengkelan, pasti tak lepas dari oknum. Walau kadang enggak jahat sih, kan cuma menuruti kemauan sang pemilik motor.

Tapi hal berbeda diterapkan R27 Motor yang punya Rully Satria itu. Kalau doi berani bantah yang punya motor. Ibarat kata, mekanik adalah raja, Customer boleh nurut boleh enggak.

“Kan yang penting kita jujur, kasih tahu apa adanya. Jangan sesat, si Customer minta sesuatu, tapi motornya enggak mampu diturutin aja. Nanti kalau jebol, siapa yang tanggung jawab?,” ujar Rully.

Salah satu contohnya adalah dalam penyesuaian mapping ECU standar. Menurut Rully banyak yang jadi masalah itu bukan di ECUnya. Tapi Customer minta remap ECU alih-alih ingin motor ngacir.

“Padahal umpamanya dateng ke sini, tapi knalpot gak jelas. Leherannya asal, Silincernya juga demikian. Padahal kalau motor matic, tenaganya bisa ditentukan sekitar 70 persen dari Knalpot untuk motor korek harian,” sambung Rully.

“Kalau saya biasanya mending bilang, ‘tabung aja dulu uangnya buat beli knalpot, nanti kalau udah ada knalpot yang mumpuni. Boleh deh korek-korek AFR hingga noken as’. Pastilah jadi lebih maksimal, dan yang terpenting aman dipakai,” jelas Rully.

Ya tujuannya biar gak sesat, walau Rully sendiri juga paham betul. Bisa-bisa aja doi suruh ini itu, menuruti kemauan owner motor. Tapi efeknya jangka panjang.

“Ujungnya, yang jelek nama bengkel juga. Apalagi kalau sampai dibawa ke bengkel lain. Itu saya enggak mau. Lebih baik di sini benar-benar dalam kondisi yang mumpuni untuk digarap. Barulah kita berani bertindak,” tukas Rully.

Ngomong-ngomong, Rully Satria sebelumnya juga sempat akrab menjadi Tuner di dunia balap. Tapi sekarang doi keasyikan main korek harian.

Wajar bro, namanya juga melayani tim-tim kecil. Pastilah cuannya lebih ngacir dari costumer langganan hariannya.

“Kalau balap itu harus fokus riset. Sementara kita makan saat ini lebih dari harian. Itu untuk mekanik sekelas saya yang kliennya juga tidak terlalu banyak di dunia balap. Beda cerita kalau punya klien besar ya, mungkin bisa untung,” tutur Rully.

Ya wajar saja garapannya juga rapih-rapih. Efeknya Customer Happy dan enggak bolak balik masuk bengkel.

Bengkelnya itu ada di Jl. Gatot Subroto No. 08, Karang Asih, Cikarang Utara di samping Alfamart Gatsu.

Boleh juga main ke sana sembari bawa motormu yang mau nambah power. Servis ringan juga bisa, mulai dari kaki-kaki hingga oli juga dilayani.

Oke deh! RAIDER