nhk

Melanggar Kode Badan Anti Doping Internasional, MotoGP Mandalika Terancam Gagal?

Maniakmotor – Penyelenggara Indonesia percaya diri, gelaran MotoGP dan WSBK mendatang di sirkuit Mandalika yang dalam proses pembangunan itu bisa terwujud meskipun sedang terancam atas hukuman ketidak patuhan oleh WADA alias World Anti Doping Anti Doping Angency.

Pasalnya lima organisasi anti doping di Indonesia tidak mematuhi kode Anti Doping dari WADA. Tentunya hal ini patut diwaspadai, terlebih berurusan dengan organisasi kuat yang tenar akan hukumannya dalam melarang pembalap – pembalap untuk bisa balapan di kejuaraan dunia balap motor, misalnya Andrea Ianone yang terkena hukuman 4 tahun larangan balapan.

Hukuman yang bisa didapatkan dari WADA sendiri berupa, “Negara-negara penandatangan tidak boleh diberikan hak untuk menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau dunia, atau acara yang diselenggarakan oleh Organisasi Acara Besar, untuk seluruh periode ketidakpatuhan.”

Rencananya sendiri, kejuaraan dunia FIM World SBK akan diselenggarakan bulan depan di Mandalika pada 9-21 November, diikuti dengan gelaran Kejuaraan Dunia MotoGP FIM perdana pada 18-20 Maret tahun depan.

Kode yang Indonesia langgar ternyata adalah, “akibat ketidaksesuaian dalam menerapkan program pengujian yang efektif”.

Meskipun begitu Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menjamin bahwa GP Mandalika tetap bisa diadakan. “Indonesia belum dilarang sehingga kegiatan olahraga tetap dapat dilakukan. Jadi, jangan bayangkan Indonesia tidak bisa mengadakan kompetisi internasional atau mengirim atlet ke luar negeri.” Tukas Zainudin Amali.

Saat ini surat peringatan dari WADA hanyalah bersifat teguran, “Sehingga kami masih memiliki kesempatan untuk mengklarifikasi kesalahan kami. Meskipun akan terlambat, namun kami akan berusaha dan WADA juga tetap memberikan waktu untuk mengirimkan surat klarifikasi ini.” Tambah sang Menteri Pemuuda dan Olahraga.

Menurut WADA, ‘Setelah Penandatangan dinyatakan tidak patuh, tujuannya adalah untuk membantu Penandatangan tersebut mencapai Pemulihan secepat mungkin, sambil memastikan bahwa tindakan korektif yang dilakukan memberikan Kepatuhan Kode yang langgeng oleh Penandatangan tersebut.’

Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353