MotoGP 2020: Kevin Schwantz, Faktanya Joan Mir Juara Dunia, Perdebatan Berakhir..!

Schwantz dan Mir

ManiakMotor – Ciri khas legenda Suzuki ini setiap finish dengan satu roda alias wheelie. Itulah Kevin Schwantz yang bilang kenyataannya Joan Mir dengan Suzuki juara dunia MotoGP 2020. Titik. Maksdunya, nggak perlu ada perdebatan karena ini dan itu Mir dapat gelar.

Schwantz orang Amerika yang umurnya saat ini 57 tahun pada 1993 juara dunia GP 500 cc dengan Suzuki. Berarti 27 tahun kemudian Mir juara dunia. Sesudah Schwantz masih ada yang juara lagi yakni Kenny Robert Jr pada 2020. Itu sama saja Suzuki baru juara lagi dalam 20 tahun menanti.

“Joan (Mir) adalah pembalap yang setiap seri selalu hadir untuk melakukan pekerjaannya. Joan mampu mengumpulkan poin lebih banyak daripada yang lain. Dia  yang berhak dapat gelar. Itu fakta untuk menutup semua perdebatan,” terang Schwantz yang sudah dijanjikan Mir akan dia traktir tapi saat ini belum terlaksana.

“Juaranya Joan bikin saya tersenyum. Bila juara dunia, setahu saya pembalap punya kualitas. Juga orang-orang di pabrik Suzuki. Sulit membangun motor yang mampu menjuarai GP. Anda harus memiliki orang yang tepat pada waktu yang tepat,” tambah Schwantz yang ingin menepuk semua karyawan pada tim dan pabrik yang terlibat membangun Suzuki GSX-RR.

Ia juga angkat jempol pada peran Davide Brivio sebagai manajer tim yang profesional. Betapa tidak, Suzuki lebih ‘kecil’ dibanding Honda atau Yamaha. Tapi Brivio mampu memanajemen semua personel menjadi kekuatan. Dia mengumpulkan orang-orang mumpuni.

“Saya lihat mereka duduk bersama saat makan malam dan membicarakan persoalan. Itu membentuk mereka jadi satu keluarga. Punya perasaan sama untuk Suzuki. Tidak peduli mereka dari Jepang dan dari mana pun. Semua terlibat dalam pembicaraan,” puji Schwantz pada Brivio.

Makanya, pria Texas sangat terkesan dengan performa GSX-RR yang  kompetitif di setiap sirkuit. “Keren, terutama pada balapan Valencia pertama yang Joan dan Alex (Rins) 1 – 2. Juga Suzuki sudah kuat sejak kualifikasi,” tutup Schwantz sambil memperingatkan jangan cepat puas diri karena persaingan di MotoGP yang saban waktu pesat seperti Valencia kedua Suzuki nggak sekuat yang pertama. Bon

BACA JUGA

MotoGP 2020: Operasi Cangkok Tulang, Marc Marquez Pertaruhkan Karirnya..!

Jawaban Telak Joan Mir Gelar Juara Dunia MotoGP 2020 Tanpa Marc Marquez..!

Pasca MotoGP Valencia-2: Rossi, Selamat Joan Mir Juara Dunia 2020, Sangat Layak..!

Race MotoGP Valencia-2 2020: Walau Ke-7 Joan Mir Juara Dunia, Nggak Ngaruh Morbideli Juara..!

BAGIKAN