MotoGP 2024 Argentina Batal, Keuntungan Bagi Marc Marquez Jadi Juara Dunia? Pol Espargaro Kompor

Maniakmotor.com — Mantan rekan setimnya sendiri di Repsol Honda dahulu, Pol Espargaro, agak komporin isu potensi Marc Marquez bisa jurdun di 2024. Hal tersebut berhubungan dengan dibatalkannya seri balap di Argentina, dari yang sebelumnya direncanakan 22 seri menjadi hanya 21. Kira-kira kenapa gitu ya?

MotoGP Argentina sendiri pada awalnya dijadwalkan terlaksana di 5-7 April 2024. Namun, sayang sekali, sirkuit favoritnya Valentina Rossi itu dibatalkan karena adanya krisis inflasi di negara tersebut. 

“Tidak adanya balapan di Argentina untuk musim ini akan menguntungkan Marc, karena ini adalah sirkuit di mana dia tidak memiliki banyak pengalaman berkendara, seperti Jerez misalnya. Dan jika mereka tidak mendapatkan banyak jarak di balapan pembuka ini, saya pikir di paruh kedua musim ini adalah saat dimana Marquez dapat (meningkatkan performanya).” Ucap Espargaro dikutip dari Crash pada Minggu, 3 Maret 2024.

Bagi pembalap cadangan KTM yang posisinya dilengserkan oleh “bocah ajaib” Acosta tahun ini, beranggapan bahwa balapan pertama adalah kunci kemenangan. Baik akan menang ataupun kalah, Marc Marquez seharuanya bisa fokus untuk meningkatkan performa doi di balapan pertama. Pun, semua ini juga akan bergantung dengan bagaimana rival doi tampil di balapan pertama.

“Bila Marquez bisa mempertahankan kemenangan doi di balapan pertama hingga seri balap terumit yang akan ada di Eropa, maka Juara Dunia ada di depan mata,” pungkas Espargaro.

Pembukaan MotoGP 2024 di Qatar sudah tinggal menghitung hari, yakni di 8 Maret. Marc Marquez sendiri akan menunggani Desmosedici yang dahulunya dikendarai oleh sang Juara Dunia tahun lalu, Bagnaia. Sementara itu, Pecco Bagnaia (Lenovo) dan Jorge Martin (Pramac) sendiri akan melibas sirkuit dengan Desmosedici GP24 yang saat ini menerima beberapa perubahan, terutama dalam hal aerodinamis.

Banyak yang menilai Desmosedici di tangan Marc Marquez, akan semakin dominan dan dapat bersaing dengan para pembalap terdepan di kejuaraan musim lalu. Espargaro pun juga berpikir demikian.

“Desmosedici memiliki kestabilan yang tinggi, mungkin belokannya tidak terlalu banyak, tapi masalah aerodinamisnya cukup mengimbanginya. Oleh karena itu, mereka (Ducati) memiliki keunggulan dibandingkan pabrik lainnya,” kata Kakak dari Aleix Espargaro tersebut.

“Saat ini, masalah aerodinamis adalah hal yang semua pabrikan sedang kembangkan dan, di sana, Ducati menjadi nomor satu dalam kompetisi tersebut. Saya pikir itulah kunci keunggulan mereka dan apa yang membedakannya dengan pabrik lain,” tutur doi sebagai penutup.

Kembali lagi, bagi Espargaro peluang Marc Marquez untuk jadi Juara Dunia di MotoGP 2024 tak hanya diperkuat dengan batalnya seri Argentina, tapi “kekuatan” khas dari Ducati itu sendiri. Maupun, kemampuan legendaris dari pengalaman Marc Marquez, si Juara Dunia 6 kali itu.

-Diva-