MotoGP 2024: Bocoran Kabar Pembatalan Seri di Sirkuit Mirip Mandalika, Waduh Apa yang Salah?

Fabio Quartararo percaya ada perkembangan dari Mandalika

Maniakmotor.com – Rumor heboh kini beredar di dunia MotoGP! Kabar pembatalan seri balapan di Sirkuit Mirip Mandalika, Argentina, tengah menggema di kalangan para pecinta balap motor.

Nggak kalah serunya dari drama lapangan, rumor ini mengancam rencana ambisius MotoGP untuk menggelar 22 seri balap pada musim 2024, yang katanya bakal jadi sejarah panjang kejuaraan.

Disebarkan oleh Maniakmotor.com, cerita ini dimulai dari kendala finansial yang menghantui balapan yang tahun lalu dikuasai oleh rider keren, Marco Bezzecchi. Sumber masalah? Kebijakan pemotongan anggaran yang diterapkan oleh Pemerintah Argentina setelah dilantiknya presiden baru, Javier Milei. Mungkin Milei berpikir, “Kalo negara lagi krisis, balap motor bukan prioritas!”

Gak hanya itu, Motorsport juga menyebutkan bahwa sebagian besar tim masih dalam ketidakpastian karena belum mendapat info resmi dari IRTA, asosiasi tim balap di MotoGP. Namun, terlepas dari kepastian itu, aroma pembatalan lomba sudah mulai tercium.

Sirkuit cadangan, Balaton Park di Hongaria, bisa jadi solusi, tapi nantikan saja perkembangannya. Ada ironi di balik pengurangan seri ini – pembalap seolah bernapas lega! Pasalnya, dengan jadwal super padat, tambahan sesi sprint membuat mereka harus menghadapi 2 balapan dalam satu seri. Bayangkan, dengan 22 seri, ada 44 balapan yang harus dijalani!

Marc Marquez, yang awalnya dukung sesi sprint, bahkan ikut protes. “Ini terlalu banyak, ada 44 kali start lomba. Rasio cedera tinggi, terutama di lap-lap awal sprint atau balapan. Dengan jadwal baru ini, terlalu berat. Dulu lain, sekarang lain,” ungkap Marquez.

Jadi, apakah MotoGP Indonesia bakal maju 2 seri di 2024? Semuanya masih simpang siur.